Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mood Swing" Pria Lebih Parah dari Wanita yang Sedang Haid?

Kompas.com - 29/04/2014, 11:39 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky
KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia umum kalau wanita sering sekali mengalami perubahan mood mendadak. Sebabnya tentu saja karena siklus bulanan, menopause dan kehamilan yang dialaminya. Namun kenyataannya, bukan cuma wanita yang bisa mengalami mood swing, pria juga.

Mungkin dalam nada bercanda, Anda pernah menggoda teman pria dengan kata "lagi 'dapet' ya, gitu aja sensi."  Saat itu mungkin tujuannya menggoda. Tetapi, ternyata pria juga bisa mengalami mood swing seperti layaknya wanita yang sedang datang bulan.

Bahkan penyebab mood swing pada pria lebih banyak. Jadi jangan heran kalau si dia bisa lebih sering "sensi" dibanding Anda.

1. Ketidakseimbangan hormon
Sekresi hormon yang tak seimbang ternyata tak hanya dialami perempuan. Pria juga menghadapi masalah yang sama, namun terjadinya hal ini tidak terlalu sering dibanding perempuan. Jika perempuan mengalami perubahan hormonal setiap bulan, maka pada pria terjadi setiap 2-3 bulan sekali.

Perubahan hormonal dan ketidakseimbangan hormon ini merupakan penyebab utama dari perubahan suasana hati pria. Ketika hormon terganggu, pria kehilangan kemampuan untuk berpikir jernih dan praktis serta jadi mudah marah. Pada fase tersebut suasana hati mereka mudah berubah, kadang senang, kadang sedih dan kadang marah tanpa alasan.

2. Gangguan emosional
Setelah masalah ketidakseimbangan hormon, alasan lain dari perubahan suasana hati pria adalah adanya gangguan emosional yang terjadi tiba-tiba karena insiden yang mengejutkan. Pria cenderung memiliki mood yang tak stabil ketika mereka mendapatkan gangguan, misalnya, kurang istirahat, kematian seseorang yang disayanginya, kehilangan orang yang dicintainya, serta habis berkelahi. Ketika mengalaminya, pria cenderung bertindak sok tenang dan tak banyak bicara.

3. Stres
Stres adalah faktor terbesar yang menyebabkan perubahan suasana hati para pria. Tidak semua pria bisa menangani stres mereka dengan baik. Pria-pria yang cenderung lemah dan tidak bisa menangani stres akan menyebabkan perubahan sikap dan mood secara tiba-tiba. Bisa jadi di jam ini mereka tertawa bersama Anda, tapi di sisi lain dia bisa langsung marah-marah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com