Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2014, 15:01 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Dalam beberapa resep olahan apel, Anda hanya membutuhkan daging apelnya saja. Karena tak terpakai, kulit apel ini biasanya dibuang. Padahal sebenarnya vitamin dan kandungan serat banyak terdapat di bawah kulit apel.

Daripada dibuang, olah sisa kulit apel untuk hal-hal yang lebih bermanfaat berikut ini:

1. Campuran jelly
Kulit apel mengandung vitamin C yang tinggi. Faktanya, hampir setengah kandungan total vitamin C dalam apel justru berada di bagian kulitnya. Selain vitamin C, kulit apel juga mengandung antioksidan yang tinggi. Untuk mendapatkan antioksidan dan vitamin yang tinggi, gunakan kulit apel untuk membuat jelly atau agar-agar.

Caranya, rebus kulit apel dengan air selama 20-30 menit. Kemudian, saring air rebusan tersebut. Masak lagi air rebusan kulit apel dan campur dengan jelly dan gula. Tuangkan ke dalam cetakan dan dinginkan.

2. Membersihkan piranti masak
Setelah memasak, ada beberapa hidangan yang meninggalkan kerak sisa makanan di bawah panci atau penggorengan alumunium. Untuk membersihkan sisa kerak ini, gunakan saja kulit apel.

Kandungan asam di dalam kulit apel akan menghilangkan kerak bandel sekaligus mengembalikan kilaunya. Cara pakainya pun cukup mudah, rebus air dengan kulit apel menggunakan panci atau wajan yang berkerak. Setelah mendidih, rendam panci atau wajan dengan campuran air dan kulit apel selama 20-30 menit. Setelah itu cuci seperti biasa.

3. Membuat sari apel
Tenangkan dan buat hari Anda jadi lebih santai dengan menyeruput secangkir sari apel. Minuman ini terbuat dari rebusan kulit apel yang dicampur dengan air jeruk lemon dan kayu manis bubuk. Sebagai pemanis, Anda bisa menambahkan madu ke dalamnya.

4. Mengharumkan ruangan
Kulit apel juga bisa digunakan untuk mengarumkan ruangan. Untuk menghadirkan keharuman apel yang lembut, Anda bisa membuat pengharum apel ini sendiri.

Bahan yang dibutuhkan adalah batang kayu manis, jahe atau cengkeh, lemon jus dan kulit apel. Campur semua bahan ini dan rebus bersama-sama sampai mendidih. Setelah dingin, masukkan ke dalam botol dan letakkan di tempat yang diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com