Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2014, 06:54 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Melihat jerawat kemerahan dan “matang” di wajah, memang membuat kita merasa gemas sekaligus kesal. Tak ayal sering kali kita melakukan jalan pintas memencet jerawat, dengan alasan supaya cepat hilang dan tidak mengganggu penampilan. Padahal kebiasaan ini bisa berakibat fatal pada kulit wajah.

Menurut Jeanine, B. Downie, MD, Dermatologist dari YouBeauty di New Jersey, mengatakan bahwa jerawat yang dipencet akan semakin parah kondisinya dan bisa menyebabkan peradangan. Selain itu, memaksa jerawat pecah sebelum waktunya akan meninggalkan bekas luka pada kulit dan mengalami infeksi.

Seperti dikutip dari Huffington Post, penyebab wajah berjerawat sangat bervariasi. Namun, umumnya dipicu oleh faktor genetis, hormon, dan stres. Jerawat itu sendiri sebenarnya diproduksi oleh sebum (minyak alami pada kulit) yang tersendat di bawah permukaan kulit. Apabila sebum terkontaminasi dengan sel-sel kulit mati akan membentuk komedo, atau beraksi dengan P.acnes (bakteria yang ditemukan di folikel rambut dan memicu peradangan). Jadi, ketika jerawat dipencet, itu sama juga dengan memaksa kotoran yang tersendat di bawah permukaan kulit keluar dan menyobek kulit wajah.

Memencet jerawat dengan paksa dapat memindahkan berbagai bakteri dan kotoran di jari tangan ke wajah. Inilah yang kemudian menyebabkan infeksi. Alhasil, bagian wajah lainnya mengalami peradangan dan menimbulkan jerawat-jerawat baru, dan meninggalkan bekas jerawat lama yang menghitam.

Untuk menghilangkan jerawat di muka, jangan menerapkan teori coba-coba. Sebaiknya, Anda tangani dengan perawatan oleh ahli dermatologi secara bertahap dan berjangka. Salah satunya adalah ekstraksi jerawat atau mengeluarkan isi jerawat seperti yang biasa dilakukan saat facial. Meski terdengar sederhana dan minim komplikasi, bukan berarti Anda bisa bebas melakukannya di rumah. Pasalnya, perawatan ini membutuhkan alat khusus yang steril, agar potensi terjadinya infeksi sangat kecil.  

Maka dari itu, dibandingkan Anda bereksperimen membasmi jerawat dengan cara sendiri, sangat lebih aman apabila dilakukan di klinik-klinik kecantikan dan ditangani sendiri oleh dokter kulit yang berpengalaman. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com