Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2014, 17:42 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com – Rambut merupakan “aset” berharga bagi perempuan. Selain dapat memaksimalkan kesan feminin, ternyata juga menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut tampak lebih berkilau. Namun, karena dilakukan setiap hari, banyak perempuan yang menyepelekan manfaat menyisir rambut ini.

Bagi Anda yang malas menyisir rambut, coba simak beberapa manfaat menyisir berikut ini. Siapa tahu dapat segera mengubah pikiran Anda.

1. Rambut lebih sehat, lembab, dan berkilau
Sisirlah rambut dengan lembut dan jangan memaksa menyisir rambut yang kusut.  Selain dapat membuat rambut lebih teratur, ternyata gesekan antara rambut dan sisir yang menyentuh kulit kepala dapat memperlancar sirkulasi minyak alami yang dapat menjaga rambut agar tetap sehat, lembab, dan mengilap.

Ingat, jangan memaksa menyisir rambut yang kusut dalam keadaan basah. Sebab, cara ini dapat membuat rambut rontok dan rapuh.

2. Rambut lebih bersih
Membersihkan rambut tak cukup dengan sampo dan kondisioner semata. Ternyata, rutin menyisir rambut juga bisa menyehatkan serta menghilangkan kotoran dan ketombe yang mengumpul di kulit kepala.   Kotoran pada rambut dan kulit kepala bisa menyebabkan rambut jadi keriting dan terlihat kusam. Maka gunakan sisir untuk “menyeret” kotoran dari rambut dan kulit kepala.

3. Rambut tidak mudah kusut
Manfaat yang paling penting dari menyikat rambut adalah mencegah rambut jadi kusut. Menyisir akan membuat rambut jadi lembut dan halus. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi penggunakan produk kimia untuk melembutkan rambut. Seperti diketahui, bahan kimia akan membuat rambut jadi lebih kasar. Agar hasilnya lebih maksimal, rutinlah menyisir rambut sebelum tidur untuk mencegah rambut mengembang saat terjaga.

4. Rambut lebih cepat tumbuh
Semakin sering menyisir bisa rambut jadi makin mengilap dan kuat, karena adanya minyak alami rambut. Selain itu, menyisir juga membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Sebab, gerakan menyisir rambut dapat membuat folikel rambut jadi lebih aktif dan berkembang.  Alhasil, rambut lebih cepat tumbuh, panjang, dan tebal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com