Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2014, 11:01 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com -  Ternyata penyebab karyawan mengalami stres tidak melulu disebabkan oleh tumpukan kerja, deadline, dan target. Lingkungan kantor yang kurang kondusif juga bisa mempengaruhi tingkat stes karena pekerjaan.

Menurut sebuah penelitian, lingkungan kantor bisa membuat Anda merasa buruk dan depresi. Unsur-unsur yang menumbuhkan sindrom tersebut ternyata kebiasaan dan rutinitas di kantor yang tanpa kita sadari bisa merugikan kesehatan jasmani dan produktivitas.

1. Ruang kantor yang terbuka membuat tidak produktif
Sebuah studi di tahun 2011 menguji ragam lingkungan kantor dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Ditemukan bahwa ruang kantor yang terbuka memberikan dampak negatif.

Ruang kantor yang terbuka adalah tata ruang di mana satu ruangan besar digunakan untuk tempat bekerja banyak orang. Karyawan yang bekerja di tipe linkungan kantor seperti ini, ternyata mudah mengalami penurunan produktivitas, kreativitas, dan kepuasan kerja. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh karena banyaknya gangguan dan interupsi karyawan lain yang bisa menganggu konsentrasi. 

2. Lingkungan kerja bisa meningkatkan stres
Delapan dari 10 pekerja di Amerika melaporkan bahwa mereka mengalami stres karena pekerjaan . Baru-baru ini, jajak pendapat yang dihimpun oleh Monster.com, menemukan bahwa 43 persen pekerja Amerika memutuskan untuk mengundurkan diri karena lingkungan kerja membuat mereka stres. Kemudian, 61 persen pekerja percaya bahwa stres bisa menjadi sumber penyakit.

3. Mudah sakit
Kantor yang tidak kondusif tak hanya mengganggu secara mental tapi juga secara fisik.
Studi dari Denmark di tahun 2011 menunjukkan, sebanyak 62 persen pekerja di ruang kantor terbuka lebih sering sakit dibanding yang bekerja di ruangan tertutup. 

4. Ruang kerja bising menghilangkan konsentrasi
Telepon berdering, suara tawa, musik yang keras, dan sebagainya lebh mudah terdengar jika Anda berada di ruang kerja terbuka. Suara-suara ini dapat membuyarkan konsentrasi kerja dan menurunkan semangat. Sebuah studi, Cornell, menemukan peningkatan produksi adrenalin pada pekerja yang terpapar bising dari orang lain selama tiga jam. Hasilnya, hormon stres pun memuncak!

5. Terlalu banyak duduk
Sepanjang hari hanya duduk dan melihat komputer bisa membuat Anda pegal. Namun, pada sejumlah profesi, hal yang demikian merupakan aktivitas sehari-hari. Padahal, kenyataannya terlalu lama duduk dapat mengundang sejumlah penyakit.

Duduk sepanjang hari bisa menyebabkan tubuh jadi pasif dan mudah sakit. Untuk mencegahnya, cobalah memberikan jeda antara duduk dengan jalan-jalan ringan di sekitar ruangan atau meja kerja. Misalnya, membuat kopi di pantry, mendatangi meja teman untuk melepas penat sejenak, atau sekadar meregangkan tubuh dengan berolahraga ringan. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com