Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Momen Menggendong Bayi "Dibanderol" dengan Angka Tinggi

Kompas.com - 05/05/2014, 19:04 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com– Dalam kehidupan banyak sekali momen berharga berlalu bak desiran angin yang lewat dan terlupakan. Tak jarang kita dihadapkan pada keinginan, andai waktu bisa diputar kembali…

Sebuah penelitian baru dari LifeBook Inggris yang bertajuk Value of a Memory, membuktikan bahwa kenangan berharga dalam fase hidup manusia, lebih bernilai dibandingkan perhiasaan paling mahal sekalipun.

Penelitian yang melibatkan 2000 responden pria dan wanita Inggris dengan usia minimal 18 tahun ini, melaporkan bahwa momen kali pertama menggendong bayi adalah momen yang sangat berharga. Apabila dinilai dengan uang, mencapai 485,512 poundsterling atau setara dengan Rp. 9,4 miliar!

Selain itu, momen berharga lainnya yang juga banyak dipilih oleh responden adalah hari pernikahan, nilainya mencapai 291.063 poundsterling atau setara dengan Rp. 5,6 miliar. Kemudian, kebersamaan dengan keluarga memiliki nilai sebesar 274.685 poundsterling, setara dengan Rp 5,3 miliar. Momen lainnya yang dianggap sangat bermutu adalah perayaan hari besar dengan keluarga dan ritual lamaran.

Bagi wanita, waktu yang dilewatkan dengan keluarga dan orang-orang terkasih memberikan memori yang mendalam dan menenangkan. Namun sayangnya, pria tidak memiliki pandangan yang sama. Hal ini diketahui dari perilaku responden wanita yang mengaku lebih memilih menyelamatkan foto keluarga bila rumah mereka terbakar. Lalu, 10 persen lainnya mengaku akan lebih dulu menyelamatkan dompet.

"Meskipun kita hidup di dunia yang semakin materialistis, penelitian ini menunjukkan bahwa kenangan keluarga ternyata lebih berharga daripada materi. Maka dari itu, penelitian lebih kurang membuktikan bahwa memori  personal dinilai lebih tinggi dibandingkan isi dompet," kata Roy Moed, pendiri LifeBook Inggris.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com