Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2014, 10:07 WIB
KOMPAS.com - Pria sering gemas karena tidak mengerti maunya perempuan. Agar tidak selalu menjadi pihak yang disalahkan, mereka membuat delapan aturan. Matthew Fitzgerald, penulis buku Sex-Ploytation mengungkapkan kerisauan para pria. Lewat bukunya tersebut, Matthew membeberkan aturan-aturan pria yang wajib perempuan tahu.

1. Komunikasi..Komunikasi..Komunikasi
Pria bukan cenayang yang bisa membaca pikiran Anda. Pria tidak mengerti bahasa lain selain bahasa mulut.

“Katakan apa maksud Anda secara jelas, mintalah apa yang Anda inginkan secara langsung, tidak perlu pakai bahasa isyarat, bahasa kiasan, bahasa tubuh, apalagi bahasa kalbu. Mengharapkan seorang pria untuk menginterpretasikan sinyal-sinyal ‘tersirat’ yang Anda kirimkan dan membaca pikiran Anda, itu bukanlah komunikasi,” kata Matthew.

2. Belajar konsisten
Melakukan sesuatu yang tiba-tiba terlintas di kepala, atau sesuatu yang tidak sesuai dengan niat sebelumnya jadi kebiasaan perempuan. Nah, kebiasaan-kebiasaan ajaib seperti ini yang rupanya merepotkan para pria.

“Kalau Anda mengatakan akan melakukan sesuatu, jangan berhenti sampai di omongan saja, tindak lanjuti dan lakukan dong. Jujurlah dengan diri Anda sendiri. Tolong, jangan mengatakan satu hal dan melakukan hal yang lain. Dan demi Tuhan, jangan berubah pikiran sejuta kali,” kata Matthew.

3. Berhenti mengggoda kami
Pria menganggap perempuan tidak fair terhadap mereka. Ketika kita berpakaian seksi untuk menarik perhatian pria, dan ternyata mereka memang tergoda dan bersikap genit, kita malah menganggap mereka tidak sopan. Ini memusingkan mereka. Di dalam kepala mereka, apa yang kita lakukan adalah tidak konsekuen.

“Jadi, hentikan menggoda pria dengan gaun berpotongan rendah atau yang seksi, dan kemudian menyalahkan mereka yang mencoba untuk mendekati Anda,” kata Matthew.

4. Stop obral janji
Siapa bilang hanya pria yang gemar mengobral janji, perempuan pun dianggap sama oleh mereka.

“Banyak perempuan yang memanfaatkan pria untuk memuluskan tujuan mereka. Anda merayu, mengiming-iminginya dengan cinta untuk membuatnya melakukan apa yang ingin Anda inginkan, seperti pernikahan atau keuntungan finansial. Ini tidak elegan dan standar ganda,” ungkap Matthew.
 
5. Berani bilang suka
Jika Anda memang tertarik pada seorang pria, biarkan dia mengetahuinya. Tidak perlu gengsi untuk mengungkapkannya. Sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Pria tidak punya banyak waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak jelas arahnya. Bacalah poin 1 di atas, pria tidak punya kemampuan untuk membaca pikiran, jadi jangan berharap mereka akan melakukan seperti yang Anda inginkan.   

6. Berbagi biaya kencan
Pria juga menganggap kita tidak adil pada mereka soal keuangan. Mereka tahu Anda mempunyai uang, bahkan mungkin lebih banyak dari mereka. “Tapi mengapa seringkali kami yang ‘ditodong’ untuk mentraktir kencan?” tanya Matthew. Kalau dia sudah mentraktir nonton, Anda bisa dong menawarkan diri untuk membayari makannya.

7. Berhenti menyalahkan kami
Hidup tidak selamanya berjalan mulus. Dan menurut pria, ketika Anda tertimpa masalah, seringkali dia yang jadi kambing hitam.

“Apa yang terjadi pada hidup Anda, tidak sepenuhnya kesalahan kami, berhentilah menyalahkan pria atas hidup Anda yang tidak menyenangkan, cobalah introspeksi diri, jangan-jangan penyebabnya adalah Anda sendiri,” kata Matthew.
 
8. Pasang wajah bahagia
Salah satu kebiasaan buruk perempuan yang paling menjengkelkan pria adalah ngambek. Mereka suka heran mengapa perempuan senang sekali ngambek dan menunjukkan wajah jeleknya.

“Kami sudah stres dengan urusan di kantor, jangan menambah beban kami dengan sikap kekanakan seperti itu,” tutur Matthew.

Menyenangkan pria itu sebenarnya mudah, mereka hanya ingin melihat wajah Anda bahagia dan tersenyum. Jadi seberantakan apa pun hari Anda, cobalah untuk tidak menunjukkannya di depan si dia.

(CHIC/Ika Nurul Syifaa/Equita Maulidya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com