Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya Membersihkan Alat Kelamin Bayi Perempuan dan Laki-laki

Kompas.com - 08/05/2014, 14:14 WIB
KOMPAS.com - Membersihkan alat kelamin bayi dan area sekitarnya berguna untuk mencegah infeksi, dan menghindari kulit merah serta  gatal di bokong.

Langkah awal membersihkan alat kelamin bayi:
1. Cuci tangan sebelum mengganti popok bayi.
2. Letakkan si kecil di tempat tidurnya, lalu gulung bagian bawah bajunya hingga ke dada.
3. Sebelum membuka popoknya, alasi bagian bawah dengan tisu sekali pakai yang cukup lebar dan tebal. Khusus bayi laki-laki biasanya akan kembali pipis sesaat kita membuka popoknya. Tunggu beberapa saat sampai ia pipis lagi, baru buka popoknya.
4. Bersihkan bagian kelamin yang kotor dengan tisu lembut, lalu bersihkan lagi bagian itu dengan kapas bersih yang dibasahi air hangat.
5. Ambil lagi kapas bersih dan basahi dengan air hangat atau losion bayi, lalu usapkan dari bagian pusar menuju pangkal paha bagian dalam dan luar.

Membersihkan alat kelamin bayi perempuan:
* Ambil lagi kapas bersih yang dibasahi air hangat/losion bayi, usapkan di daerah sekitar vagina. Mulai dari lipatan-lipatan paha bagian dalam sampai ke pangkalnya.
* Ambil lagi kapas bersih yang dibasahi air hangat/losion bayi. Pegang kedua kaki si kecil, angkat. Bersihkan area sekitar vagina dan anus. Selalu dimulai dari bagian depan lalu ke arah belakang, untuk menghindari bakteri yang terdapat di sekitar anus menuju vagina. Bersihkan hanya di daerah bibir vagina. Jangan menyentuh daerah yang lebih dalam.
* Setelah itu, dengan tisu lembut yang kering, bersihkan lagi daerah bokong, paha, dan panggul. Lalu, singkirkan alasnya. Bersihkan daerah di lipatan-lipatan paha dengan tisu lembut yang kering.
* Sekali lagi, usap lembut dengan tisu bersih, daerah yang akan ditutup popok hingga mengering betul. Biarkan si kecil tanpa popok untuk beberapa saat agar bagian bawah tubuhnya terkena udara.
* Akhirnya, usapkan losion di bagian luar vagina dan anus. Juga di lipatan-lipatan paha bagian dalam. Setelah itu baru si kecil dipakaikan popok yang baru.

Membersihkan alat kelamin bayi laki-laki:
* Ambil kapas bersih yang dibasahi air hangat atau losion bayi untuk membersihkan buah zakar (testikel) dan daerah sekitarnya.
* Ambil lagi kapas bersih yang dibasahi air hangat/losion bayi, bersihkan daerah pangkal paha termasuk lipatannya dan penisnya.
* Sekali lagi bersihkan daerah penis dan testikel untuk membersihkan air seni yang tersisa. Usap lembut daerah yang kulitnya sangat sensitif ini.
* Sekarang bersihkan bagian anus dengan cara mengangkat kedua kaki si kecil. Juga bersihkan lipatan-lipatan di sekitar anus. Setelah bersih, angkat alasnya.
* Bersihkan sekali lagi daerah yang akan ditutup popok. Biarkan si kecil beberapa saat tanpa popok. Untuk menghindari air seni yang ke mana-mana bila ia pipis lagi, tempelkan tisu yang tebal di penisnya.
* Sebelum memakai popok bersih, oleskan losion di daerah atas dan bawah penis, tapi bukan di batangnya; sekitar testikel, daerah anus dan bokong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com