Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2014, 16:06 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Merawat busana dengan detail sulam terbilang susah-susah mudah. Pasalnya, benang dari sulaman tangan memiliki serat material yang sensitif dan membutuhkan penanganan ekstra.

"Model-model sulaman itu memang beragam dan cantik-cantik. Saking cantiknya, maka proses perawatannya juga harus tepat," kata Emilia Hinta, pemilik Ibukita Gallery sulam Karawo di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (6/5/2014) lalu.

Lebih lanjut, Emilia mengatakan, proses perawatan busana sulam sekilas sama dengan perawatan kain lainnya. Namun, sebenarnya diperlukan perhatian khusus, terutama di bagian yang terdapat detail sulamannya.

"Proses perawatannya ini berbeda satu sama lain, tergantung pada bahan busananya. Jadi intinya disesuaikan dengan bahan kainnya. Perawatan bahan sutera pasti beda dengan bahan linen atau katun," ujarnya.

Sebelum membersihkan busana dengan detail sulaman, kenali dulu material dasarnya. Misalkan terbuat dari kain sutera, sebaiknya bersihkan dengan cara dry clean di laundry terpercaya. 

Namun, jika tidak menggunakan kain sutera, Emilia menyarankan cukup dicuci dengan cara konvensional, yakni mencuci dengan tangan (jangan dimasukkan ke dalam mesin cuci). Tujuannya agar benang-benang sulam tidak keluar dari jahitan dan rusak. 

"Saat mencuci, jangan menyikat di bagian busana yang ada detil sulamannya. Cara ini membuat baju jadi cepat rusak," ujarnya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com