Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2014, 09:53 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber YouBeauty

KOMPAS.com -- Gaya rambut paling praktis dan cocok untuk segala acara adalah kucir "ekor kuda" atau ponytail. Namun, tatanan simpel ini ternyata menyimpan ancaman yang dapat membuat rambut jadi mudah rapuh dan rontok.

Temitayo Ogunleye, dermatolog, mengatakan, setiap perempuan harus merawat rambutnya dengan lembut, terutama ketika Anda mengaplikasikan kucir ekor kuda pada rambut. Pasalnya, saat Anda menyisir rambut ke arah belakang untuk diikat menyebabkan terjadinya pergerakan yang disebut dengan istilah mini treatment facelift. Jika ini berlangsung setiap hari, bisa mengganggu saraf dan menyebabkan sakit kepala. 

"Kucir ekor kuda yang terlalu ketat akan membuat rambut halus di kulit kepala jadi rentan rusak. Helai rambut halus adalah helai rambut yang paling rentan terhadap kerusakan akibat traksi (tarik-menarik rambut dengan karet) dari waktu ke waktu. Akhirnya rambut jadi rontok dan akar rambut rapuh," katanya. 

Kondisi yang demikian akan jadi lebih parah bila Anda menerapkan gaya kucir ekor kuda setiap hari. Terus-menerus mengikat rambut di tempat yang sama dengan daya ikat yang kencang akan meninggalkan bekas berbentuk gelombang di rambut. 

Selain itu, traksi yang konstan bisa mencetuskan peradangan di sekitar folikel rambut. Pada akhirnya, tak hanya folikel yang berangsur rusak, tetapi juga bisa mengganggu proses pertumbuhan rambut baru.

Temitayo menyarankan untuk menerapkan tinggi ikat rambut yang variatif, misalnya, rambut dikucir dalam posisi tinggi, rendah, menyamping kiri atau kanan. Intinya, jangan mengikat rambut dalam posisi yang sama secara konsisten.

Selain itu, elastisitas karet ikat rambut juga harus diperhatikan. Karet rambut yang lunak dan elastis tidak memerlukan banyak simpul saat mengikat rambut. Alhasil, tarikan rambut tidak terlalu kencang dan tegang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber YouBeauty
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com