Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Hubungan dengan Pria "Insecure" Lebih Harmonis

Kompas.com - 14/05/2014, 10:56 WIB
KOMPAS.com - Insecure atau rasa tak aman bisa menyebabkan banyak masalah dalam sebuah hubungan. Menjalin hubungan dengan pria insecure memang menyebalkan dan membuat berpikir untuk memutuskan hubungan. Namun, jika kita bisa membuatnya merasa nyaman, bukan tak mungkin si dia akan berubah dan hubungan kita bisa dipertahankan.

Evaluasi sikap
Hal pertama yang harus kita lakukan untuk menghadapi pria insecure adalah introspeksi diri. Coba lihat kembali apakah ada  sesuatu yang kita lakukan yang membuat si dia merasa terancam atau tak aman atau ada hal besar yang membuatnya kehilangan kepercayaan pada kita.

Berikan pujian
Sama seperti kita perempuan yang senang dipuji cantik, pria pun senang mendengar pujian. Tak perlu berlebihan atau terlihat berusaha meningkatkan rasa percaya dirinya. Lakukan secara natural, jika memang ia terlihat tampan dengan potongan rambut barunya, berikan pujian. Selain itu hindari mengomentari penampilan pria lain, termasuk selebriti.

Terbuka berkomunikasi
Ingatkan si dia bahwa ia bisa membicarakan apapun dengan kita, termasuk saat ia merasa cemburu. Ini akan membuat kita berdua saling introspeksi diri. Kita akan menghindari hal yang membuatnya cemburu, si dia pun akan lebih menghargai, mengerti, dan percaya pada kita. Jika kecemburuannya tak berubah, ingatkan si dia bahwa hubungan takkan berjalan tanpa rasa saling percaya.

Bicarakan masa lalunya
Rasa insecure si dia bisa jadi berawal dari pengalaman buruknya di masa lalu dan terbawa hingga sekarang. Cobalah bertanya padanya tentang hubungannya di masa lalu. Jika mantan kekasihnya pernah berselingkuh darinya, tak heran jika kini ia bersikap posesif. Yakinkan bahwa kita takkan melakukan apa yang dilakukan oleh orang lain. Kepercayaan antara kita dan si dia akan membuat hubungan lebih kuat.

Jangan menjadi sepertinya
Sebagian perempuan memilih melakukan hal yang sama yang dilakukan kekasihnya. Ingat, rasa insecure atau rasa terancam bukanlah sesuatu yang sehat untuk diri kita. Jika kita menganggap hubungan dengan pria insecure ini layak dipertahankan, temukan cara memperbaikinya bersama. Namun, jika sikap si dia sangat sulit diubah, bisa jadi ini saatnya bagi kita menemukan cinta yang lain. Cinta yang sehat akan membuat kita merasa nyaman dan bahagia.

(CHIC/Bestari Kumalasari/Turi Miasih)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com