Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Suasana Hati Suami lewat Suaranya

Kompas.com - 20/05/2014, 11:22 WIB
Kontributor Female, Melissa Hendrasari

Penulis

KOMPAS.com — Terkadang ekspresi wajah lebih mudah dimanipulasi untuk menyimpan emosi dan suasana hati yang sesungguhnya. Namun, menurut sebuah studi, suara tak bisa menyembunyikan amarah atau kesedihan yang berkecamuk dalam hati dan pikiran seseorang.

Menurut, Christophe Haag, PhD, Profesor Human Behaviour di EM Lyon, Perancis, mengatakan bahwa ketika kita mencoba menangkap maksud dan arti dari kata-kata lawan bicara, percayakan pada intuisi dengan membacanya lewat suara.

Sebab, tipe suara seseorang dapat merefleksikan suasana hati seseorang, baik saat sedang bersemangat, bersedih, pura-pura tegar, maupun lainnya. Simak uraian mengenai jenis-jenis makna suara yang dirangkum oleh Christophe, berikut ini:

Jika si dia sedang marah
Dia akan berbicara lebih cepat dan intonasi lebih tinggi. Kata-kata yang keluar dari mulutnya seperti tidak dipikirkan, dan cenderung tidak sadar kalau suaranya berubah lebih tajam.

Jika si dia sedang sedih
Suaranya akan terdengar lebih serak, intonasi lebih rendah, cara bicara pun lebih lambat. Selain itu, kata-kata yang keluar dari mulutnya cenderung terbata-bata, dan berupa pernyataan. Sebab, saat sedang bersedih, umumnya pria enggan untuk ditanya-tanya.

Jika si dia mengajak bermesraan
Suara yang lebih lembut, hangat, dan dalam, merefleksikan si dia tengah menginginkan sesuatu yang lebih intim. Cara ini merupakan sinyal, mengajak Anda bersenang-senang untuk “sexy time”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com