Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan Muda Zaman Sekarang Tidak Terbiasa Menabung

Kompas.com - 21/05/2014, 15:31 WIB

KOMPAS.com - Tingginya jumlah pegawai muda yang tidak terbiasa menabung, ditemukan lewat penelitian yang dilaksanakan firma ADP yang mempelajari sembilan juta pegawai di Amerika Serikat.

Hanya 20% pegawai muda menabung untuk masa pensiun. Mereka yang menabung juga hanya menyisihkan 5% dari gaji mereka untuk tabungan pensiun.Data yang ada menunjukkan bahwa masalah dana pensiun harus dipikirkan sedari muda.

Namun, kenyataannya jumlah mereka yang menyisihkan penghasilan untuk dana pensiun dan bekerja di perusahaan kecil juga sedikit. Hanya 32% pegawai dari perusahaan kecil yang menabung. Namun jumlah tabungan di perusahaan kecil lebih besar daripada yang bekerja di perusahaan besar.

Ini terjadi karena banyaknya perusahaan kecil yang tidak memotong gaji pegawai secara otomatis untuk tabungan hari tua. Hal yang demikian lebih banyak diterapkan oleh perusahaan besar, di mana gaji dipotong otomatis untuk dana pensiun, dan pegawai cenderung tidak memeriksa kembali dana yang sudah dipotong.

Solusi untuk ini adalah pegawai harus aktif dalam menyusun rencana hari tua. Sebab kalau banyak pegawai muda tidak terbiasa menabung, maka hari tua akan menderita karena mendapatkan pensiun yang tidak mencukupi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com