Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berani Berwirausaha Menjadi Perempuan Mandiri yang Inspiratif?

Kompas.com - 26/05/2014, 10:03 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi perempuan beriwirausaha membutuhkan keberanian selain berbekal kepribadian mandiri. Perempuan butuh inspirasi untuk mendapatkan keberanian ini. Ide berwirausaha boleh jadi sudah ada di kepala namun tak mudah mewujudkannya tanpa dorongan dari luar dan dalam diri untuk berani memulainya.

Pemberian penghargaan kepada tiga tokoh perempuan pegiat UKM Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu menjadi salah satu cara mendorong perempuan untuk mendapatkan keberanian tersebut. Tiga tokoh perempuan tersebut antara lain Okke Hatta Rajasa (Ketua Cita Tenun Indonesia), Ella V Brizadly (Owner/Founder/Designer dari PRibuMI) dan Elvara Subyakto (Owner/Founder/Designer dari Label Tiga).

Jenny Wiryanto, Direktur Bisnis Banking BII selaku penyelenggara mengatakan ketiga tokoh ini memiliki wujud tindakan nyata bagaimana mereka sukses mengembangkan kebudayaan dalam industri fashion yang diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Upaya gigih mereka dalam menerjemahkan budaya kedalam bentuk modern tanpa menanggalkan keasliannya layak untuk ditiru oleh pelaku fashion sejenis lainnya,” kata Jenny.

Tiga tokoh perempuan ini sukses mengembangkan potensi budaya lokal, sekaligus mengedukasi masyarakat luas bahwa budaya tradisional juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi jika diolah, dikelola dan di produksi dengan baik. Mereka memberdayakan potensi lokal, para perajin juga bahan baku lokal seperti kain tradisional untuk dikembangkan menjadi produk fashion siap pakai bergaya modern.

"Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong perempuan Indonesia untuk terinspirasi dan berani masuk ke dunia usaha menjadi women entrepreneur, yang memiliki kepribadian brave, independent dan inspiring untuk komunitas dan lingkungan sekitarnya," kata Jenny.

Untuk mendapatkan inspirasi dan memupuk keberanian berwirausaha, bergabung dalam komunitas online seperti Sukma Inspirasi bisa menjadi salah satu langkahnya. Komunitas online ini memberikan informasi terkini seputaran dunia bisnis dan gaya hidup, juga inspirasi bagi perempuan untuk berkarya, mengembangkan jaringan, juga memotivasi perempuan lainnya untuk berani mewujudkan mimpi sebagai pengusaha yang sukses.

Dengan adanya kelompok perempuan yang saling memotivasi, ide wirausaha di pikiran Anda bisa saja segera berwujud nyata. Anda pun bisa menjadi sumber inspirasi bagi perempuan lainnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com