Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuang Sayang, Kulit Udang Bisa Jadi Bumbu Penyedap nan Nikmat

Kompas.com - 01/06/2014, 18:25 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

KOMPAS.com - Bagi kebanyakan orang kulit udang hanyalah sampah yang tidak memiliki manfaat menguntungkan. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya kulit udang dapat diolah menjadi menu makanan nan sedap. 

Rahadian, Executive Chef, Grand Artos Aerowisata Hotel Magelang, berinovasi memanfaatkan kulit udang menjadi bumbu masakan sedap. Caranya juga sederhana, sama sekali tidak menambah bumbu penyedap lainnya.

Koki yang sudah 20 tahun bekerja di dunia masak memasak ini menjelaskan, sebelum digunakan untuk bumbu, bersihkan kulit udang terlebih dahulu lalu keringkan dengan cara dipanaskan dalam oven dengan suhu 100 derajat selama dua jam.

"Sebetulnya bisa dikeringkan dengan dijemur dibawah terik matahari, namun cara itu bakal lebih lama dan kurang higienis," kata Rahadian, saat ditemui Kompas.com beberapa waktu lalu.

Setelah kering, kulit udang kemudian digiling sampai benar-benar halus dan siap digunakan. Biasanya, kata Rahadian, bumbu kulit udang digunakan untuk membuat masakan aneka kuah seafood. Salah satunya adalah Sambal Kuah Ikan, menu spesial yang ditawarkan di restoran hotel tempat Rahadian bekerja. Koki asal Subang Jawa Barat itu pun, tak segan membeberkan resep rahasia dari menu andalannya tersebut.

"Bahan-bahannya bisa pakai cumi, kerang, ikan kakap dan udang. Sedangkan bumbunya, bawang putih, daun sereh, jeruk nipis, daun ketumbar, daun jeruk, lengkuas, jahe, cabai giling," urai Rahadian.

Semua bumbu dan bahan dimasak, tentu tidak lupa mencampurkan kulit udang kering yang sudah dihaluskan. Maka jadilah menu Sambah Kuah Ikan yang dibanderol Rp 100.000 per porsi. Menu lebih nikmat disantap dengan nasi putih hangat ditambah kerupuk emping. Menurutya, kulit udang mengandung nutrisi serta mineral tinggi yang bagus untuk tubuh.

Selain itu juga menambah taste unik dan aroma yang kuat pada masakan apalagi ditambah rempah-rempah. "Jadi pasti sehat dan enak tanpa harus menambah bumbu penyedap (vetsin). Pilih udang jenis galah karena memberi warna merah cerah alami," ucapnya.

Usai menikmati Sambal Kuah Ikan, nikmatilah segela minuman unik bernama Ginger Punch. Minuman ini terbuat dari jahe, yang dicampur dengan jus buah nanas, mangga dan serutan es batu. Ada sensasi unik ketika menyeruput minuman dengan harga Rp 25.000 tersebut.  Manis dan asam segar dari buah, serta pedas dan hangat dari jahe. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com