Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Zaman Sekarang Berani Bermimpi tapi Mudah Galau

Kompas.com - 06/06/2014, 12:41 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com
– Kini sudah bukan waktunya lagi orangtua memaksakan cita-cita tak kesampaian mereka pada anak. Sebaliknya, orangtua justru harus memberikan peluang dan kesempatan pada anak untuk mewujudkan mimpi mereka. Sebab, anak-anak zaman sekarang memiliki mimpi yang besar dan lebih variatif dibandingkan anak-anak di masa lalu.

Tak bisa dimungkiri bahwa generasi penerus bangsa untuk masa mendatang jauh lebih kreatif, inovatif, berani, dan optimis. Mungkin dulu kita tak pernah terpikir untuk menggeluti profesi sebagai koki, perancang busana, filmmaker, dan sebagainya. Namun sekarang, bisa dilihat, sejumlah jenis profesi yang dulu tak dilirik tersebut,bergulir menjadi industri paling produktif dan dapat dijadikan sandaran kehidupan.

Maka dari itu, jangan batasi mimpi anak Anda, biarkan dunia imajinasi mereka terus berkembang positif. Namun, menurut Roslina Verauli, Psikolog, banyak pilihan mimpi bisa membuat anak-anak mudah galau, dan berpotensi tinggi mengalami konflik internal serta kegalauan hebat dalam dirinya.

Masalah lain yang muncul dari rangkaian mimpi yang variatif, justru membuat mereka tidak fokus dan tak menyadari kemampuan yang mereka miliki. Sebab, pikiran anak hanya berpusat pada mencari mimpi yang hebat supaya dipuji oleh banyak orang. Mimpi yang hebat tanpa didukung kemampuan yang mumpuni, hasilnya percuma, perwujudan mimpi tak akan pernah optimal.  

"Semakin banyak pilihan semakin bingung. Dari sekian banyak mimpi yang mereka punya, dari yang realistis sampai tidak realistis, mereka harus bisa memilah mana mimpi yang mereka bisa wujudkan dan mana yang tidak,sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Ibaratnya, kalau bibit aslinya adalah pohon mangga, tapi diberi pupuk untuk pohon durian dan harapannya bisa jadi pohon durian, ya tidak akan tumbuh. Kesalahan inilah yang membuat orang bisa jadi depresi," ujar Vera saat konferensi pers 90 Days Dream Big Challange di The Lunch Room, Jakarta Pusat, Kamis (5/6/2014) lalu.  



Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com