Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2014, 10:35 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Orangtua harus melatih sembilan kecerdasan majemuk dalam diri anak sejak dini. Kalau kecerdasan majemuk ini terlatih dengan baik, anak akan menjadi manusia utuh hingga dewasa kelak.

"Kecerdasan majemuk yang dikembangkan dengan baik akan membuat anak lebih utuh, sehat fisik dan mental, intelektual, emosional, juga rohaninya," kata pendiri Resourceful Parenting Indonesia, Dr Andyda Meliala, seusai talkshow diadakan oleh Wiloto Foundation, di Jakarta.

Kecerdasan majemuk yang dimaksud antara lain: Bahasa; Logika matematika; Interpersonal; Intrapersonal; Visual spasial; Spiritual; Musik; Fisik; Alam.

Menurut Andyda, kecerdasan ini bisa dikembangkan dengan banyak cara di setiap usia bahkan sejak anak masih dalam kandungan ibu.

"Kecerdasan ini adalah sesuatu yang harus dilatih berulang-ulang. Apa yang ditanam itu yang akan tumbuh dan dituai nantinya, namun seberapa kuat tumbuhnya. Ini yang perlu diperhatikan orangtua," katanya.

Seberapa kuat kecerdasan majemuk ini tumbuh dalam diri anak bergantung pada cara dan pola latihannya. Kalau kecerdasan ini tak tumbuh dalam diri anak bisa jadi cara yang dipilih salah, metodenya tidak menyenangkan sehingga tidak menyerap dalam diri anak.

Karenanya, Andyda menyarankan sebaiknya susun jadwal untuk melakukan latihan kecerdasan majemuk ini, sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan keluarga, terutama anak-anak.

"Latihan kecerdasan majemuk perlu dijadwal agar tidak dibelokkan oleh kesibukan lain," katanya.

Tak ada aturan baku untuk menyusun pola latihan. Namun pastikan setiap kecerdasan tersebut terlatih sejak dini agar anak tidak tumbuh dengan kecerdasan yang pincang. Menurut Andyda, akan ada sisi yang kurang kalau salah satu dari kecerdasan tersebut tidak dilatih. Anak kemudian tumbuh menjadi pribadi yang tidak utuh.

Andyda menyarankan, mulai saja latihan kecerdasan majemuk dari hal sederhana, dengan bermain, kaitkan dengan aktivitas keseharian. Misal, membacakan buku cerita kepada anak setiap hari. Dari kebiasaan ini, anak belajar mengembangkan kecerdasan bahasa. Dengarkan musik setiap hari atau nyanyikan lagu anak-anak setiap hari, dengan begitu anak mengembangkan kecerdasan musiknya.

"Temukan cara melatih kecerdasan yang orangtua dan anak sama-sama suka. Semua harus lewat bermain, dari hal sederhana, tidak mahal. Lakukan satu persatu, lama-lama orangtua bisa menggabungkan latihan beberapa kecerdasan sekaligus," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com