Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencinta Anjing Lebih Suka Bergaul, Pencinta Kucing Lebih Pintar

Kompas.com - 12/06/2014, 14:20 WIB

KOMPAS.com — Setelah melakukan survei terhadap 600 mahasiswa, peneliti menyimpulkan perbedaan antara kepribadian pencinta anjing dan pencinta kucing.

"Masuk akal bahwa pencinta anjing akan menjadi lebih hidup karena mereka selalu ingin berada di luar rumah, berbicara dengan orang, membawa anjing mereka," kata peneliti Denise Guastello, seorang profesor psikologi di Carroll University di Waukesha, Wisc, yang mempresentasikan penemuan di pertemuan tahunan Association for Psychological Science.

Lebih lanjut, Guastello mengatakan bahwa seorang pencinta kucing, di sisi lain, mungkin lebih introvert, dan sensitif. Mereka lebih suka berada di rumah membaca buku, apalagi kucing tidak perlu pergi ke luar rumah untuk berjalan-jalan.

Perbedaan utama dalam hal kepribadian: pencinta anjing lebih energik, lebih suka keluar, dan lebih mungkin untuk mengikuti aturan. Sedangkan pencinta kucing lebih introvert, lebih terbuka, lebih sensitif, dan jarang mengikuti aturan. Pencinta kucing juga dinilai memiliki kecerdasan yang lebih tinggi.

Sebagian besar responden diidentifikasi sebagai pencinta anjing, menurut LiveScience, sekitar 60 persen, dibandingkan dengan pencinta kucing yang hanya 11 persen.

Sisanya mengatakan, mereka menyukai keduanya atau tidak menyukai keduanya. Para pencinta anjing melaporkan bahwa persahabatan adalah atribut yang paling penting dalam memelihara hewan, sedangkan pencinta kucing memilih kata “kasih sayang”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com