Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2014, 20:19 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS. com
- Selama ini minyak dianggap sebagai biang keladi sumber lemak dan kolesterol. Hal ini disebabkan oleh karena kandungan senyawa asam lemak jenuh yang berdampak buruk untuk tubuh. 

Selain menyebabkan kolesterol tinggi, konsumsi makanan yang digoreng dengan minyak akan meningkatkan risiko kegemukan. Banyak orang bilang, cara untuk meminimalisir kandungan minyak jahat dalam tubuh adalah dengan menggantinya dengan minyak yang biasa digunakan dengan minyak zaitun atau minyak wijen.

Namun benarkah khasiat dari minyak zaitun dan minyak wijen selalu berefek positif pada tubuh?

"Minyak zaitun memang sehat, tapi tidak boleh digunakan untuk menggoreng, karena akan menyebabkan rantai asam lemak tak jenuhnya menjadi asam lemak jenuh dan menyebabkan peningkatan LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh," kata Dokter Gizi, Inge Permadhi, saat pembukaan Igor's Pastry di bilangan Wijaya, Jakarta Selatan, Kamis (12/6/2014).

Namun, ini bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali mengonsumsi minyak zaitun atau minyak wijen. Inge mengatakan ada trik tersendiri untuk menikmati minyak zaitun dan minyak wijen tanpa khawatir dengan efek jahat kandung lemaknya.

"Caranya mudah, Anda hanya perlu memberi sedikit minyak untuk menumis bawang, kemudian baru dimasukkan bahan-bahan lainnya. Setelah matang, matikan api, saat masih panas, beri tambahan minyak zaitun atau wijen lagi di dalam sayurnya yang lebih banyak. Ini juga bisa diterapkan saat memanggang," sarannya.

Pemberian minyak zaitun yang lebih banyak setelah masak ini akan menutupi dan meminimalisir kandungan minyak yang rusak akibat proses pengolahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com