Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi yang Tidur dengan Orangtua Lebih Penyayang dan Panjang Umur

Kompas.com - 15/06/2014, 21:08 WIB

Namun, studi terbaru justru menunjukkan bahwa menemani anak saat tidur banyak manfaatnya. Jangan selalu mendengarkan kata orang tentang bagaimana Anda harus membesarkan anak-anak Anda. Simak dulu manfaat tidur dengan anak berikut ini.

Membuat mereka lebih mandiri
Berlawanan dengan kepercayaan di masyarakat yang percaya bahwa tidur dengan anak-anak akan membuat mereka manja dan serba bergantung. Padahal, kebiasaan ini juga bisa membuat mereka lebih mandiri. Anak-anak juga menjadi jauh dari kemungkinan menderita gangguan kecemasan.

Memudahkan Anda mengurus sang bayi
Jika Anda masih menyusui anak Anda, maka sebaiknya Anda tidur dengan si bayi. Tidak hanya memudahkan saat akan menyusuinya, tapi meletakkannya di dekat Anda juga akan mencegah timbulnya rasa stres. Ini juga bermanfaat untuk mengembangkan ikatan yang lebih dalam antara Anda dan bayi Anda.

Mengurangi risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) dan stres lainnya

Bayi Anda menghabiskan sembilan bulan pertama dengan berlindung di dalam rahim Anda. Ketika Anda membiarkan si kecil tidur sendiri begitu ia lahir, bisa jadi menimbulkan beberapa gangguan terkait kecemasan. Menemani anak tidur secara tak langsung juga memudahkan Anda memantau detak jantungnya, memantau suhu tubuh, serta memberikan bayi Anda rasa aman. Penelitian juga telah membuktikan bahwa kemungkinan SIDS menurun ketika bayi tidur lebih dekat dengan Anda.

Meningkatkan ikatan keluarga
Anda dan anak-anak dapat merasa lebih dekat satu sama lain ketika berbagi ranjang bersama, ini cara yang bagus untuk mempererat hubungan satu sama lain. Orang dewasa yang menghabiskan masa kecil mereka tidur di ranjang yang sama dengan orang tua mengalami hubungan yang lebih baik dengan orang tua mereka daripada yang tidak. 

Itulah manfaat tidur dengan anak. Tak hanya menimbulkan rasa aman, tapi juga memperkuat pondasi hubungan kekeluargaan. Anda hanya perlu tahu kapan tepatnya harus memindahkan anak Anda pada boks, atau membangun kamar sendiri untuk buah hati saat mereka sudah beranjak dewasa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com