Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya kalau Orang Asing Merawat Kecantikan di Indonesia

Kompas.com - 19/06/2014, 11:17 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Klinik kecantikan di Indonesia, terutama untuk kalangan menengah atas, ternyata bukan hanya semakin dipercaya orang Indonesia, tapi juga orang asing. Ekspatriat memilih klinik kecantikan dengan tenaga ahli dari Indonesia untuk merawat kecantikannya.

Rupanya, ekspatriat memiliki perbedaan perilaku juga kebutuhan soal perawatan kecantikan. Demikian disampaikan Lanny Juniarti, dokter estetika dan pebisnis yang 18 tahun mengembangkan klinik kecantikan untuk kalangan menengah ke atas di Indonesia.

Kalau soal kebutuhan perawatan kecantikan, Lanny mengatakan, kalangan ekspatriat lebih mencari perawatan untuk mengatasi efek photo-aging terhadap kulit mereka.

"Perawatan untuk ekspatriat karena kerusakan akibat photo-damage, dampak photo-aging, paparan sinar matahari akibat senang berjemur," katanya seusai jumpa pers di Jakarta.

Namun, ada tantangan lain untuk klinik kecantikan di Indonesia dalam melayani kebutuhan ekspatriat. Kalau ingin dipercaya oleh orang asing, klinik kecantikan di Indonesia harus memastikan kualitas pelayanannya baik dan mampu menjawab semua kebutuhan mereka.

Lanny mengatakan, orang asing yang merawat kecantikan di Indonesia datang ke klinik berbekal informasi lengkap. Mereka sudah teredukasi dengan baik mengenai perawatan kecantikan.

"Mereka sudah tahu mau apa, minta perawatan apa, tetapi mereka juga bertanya apa yang sebaiknya mereka pilih, mereka lebih banyak bertanya, ini lebih menantang dibanding pasien Indonesia yang biasanya manut meski tidak semuanya seperti itu," kata Lanny.

Kalangan ekspatriat yang merawat kecantikannya di klinik orang Indonesia sangat peduli dengan kualitas. Mereka akan bertanya detail tipe produk, alat yang digunakan, dan biasanya mereka membandingkan dengan yang pernah mereka dapatkan di negaranya.

Meski begitu, ada satu kesamaan orang asing dengan orang Indonesia. Mereka tak ingin perawatan kecantikan yang memakan waktu lama.

"Ekspatriat enggak suka terlalu lama, treatment instan memang makin jadi kebutuhan termasuk bagi orang Indonesia," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com