Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2014, 15:08 WIB

KOMPAS.com — Apa sih yang diributkan para pria ini? Buat Anda, wanita yang tak suka sepak bola, menonton pertandingan sepak bola saat Piala Dunia 2014 mungkin buang-buang waktu saja. Namun, sebenarnya tak ada salahnya untuk tahu beberapa istilah sepak bola. Paling tidak, ketika pasangan asyik menonton laga tim favoritnya, Anda bisa turut menemani dan sesekali memberi komentar. Dengan begitu, tak perlu khawatir hubungan dengan suami mendingin saat Piala Dunia, ya.

FIFA
Tentu saja, ini bukan nama seekor hewan yang hidup di pedalaman Afrika. FIFA adalah singkatan dari Federation Internationale de Football Association, badan yang memayungi federasi persepakbolaan seluruh dunia. Saat pria Anda menyebut kata FIFA, ingat-ingat penjelasan di atas, ya.

World Cup 
Mungkin Anda berpikir, bagaimana mungkin sebuah dunia (world) memiliki sebuah piala (cup)? Bukan itu maksud dari Piala Dunia. World Cup adalah sebuah turnamen di mana 32 tim nasional dari segala penjuru dunia memperebutkan piala paling bergengsi dalam permainan sepak bola. Event ini diadakan empat tahun sekali.

Sepak bola
Anda mungkin berpikir, betapa sia-sianya 22 orang pria mengejar satu bola selama dua kali 45 menit. Tidak, mereka bukanlah orang gila. Mereka bermain sepak bola. Tim yang menang mendapatkan tiga poin, sementara tim yang kalah... yah, mereka tidak dapat apa-apa. Tak perlu bersedih, bahkan menangis, jika salah satu tim kalah. Bila Anda bukan pendukung sejati tim yang kalah, Anda tak perlu ikut menitikkan air mata.

Wasit
Mungkin Anda bertanya-tanya, siapa pria satu lagi yang ikut berlari-lari di lapangan tetapi tak memakai seragam tim? Ya, dialah wasit yang ditunjuk oleh FIFA (ingat, lihat penjelasan di atas). Selain wasit, ada pula pria yang melambai-lambaikan bendera dari sisi lapangan. Dialah hakim garis yang membantu wasit melihat apakah bola yang ditendang oleh pemain melewati garis.

Penalti
Ini adalah tendangan bebas yang diberikan kepada salah satu tim ketika salah satu pemain terkena pelanggaran oleh pemain dari tim yang berlawanan, di dekat gawang si lawan. Jangan teriak “Penalti, penalti” bila Anda melihat pelanggaran terjadi di luar area gawang atau bahkan di tengah lapangan. Pasangan Anda akan menertawakan Anda.

Suporter
SebelumAndamulai berteriak-teriak mendukung Cristiano Ronaldo, tanyakan kepada pasangan, tim mana yang ia dukung. Ikut dukung tim yang ia suka, dan bersoraklah ketika tim jagoannya melesakkan bola ke gawang. Ia pasti makin cinta kepada Anda.

Tendangan bebas 
Tendangan bebas terjadi ketika ada pelanggaran dan tim lawan harus diberi hukuman.

Corner
Istilah yang satu ini juga harus Anda ketahui. Corner kick adalah tendangan bebas yang dilakukan dari salah satu pojok lapangan.

Nah, sekarang Anda punya bekal untuk duduk di samping pasangan dan turut mendukung tim favoritnya. Oh ya, jangan keburu marah bila pasangan memasang taruhan saat Piala Dunia, ya. Normalnya pria memang mempertaruhkan sebagian uang untuk tim jagoannya untuk menambah keseruan. Tugas Anda sebagai pasangan yang baik adalah memastikan agar uang yang dipertaruhkan tak mengganggu cashflow, aset, bahkan tabungan hari tua.

Selamat menikmati Piala Dunia 2014!

 

(Astudestra Ajeng/TabloidNova.com)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com