Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napak Tilas Gaya Rambut "Retro" dari Masa ke Masa

Kompas.com - 23/06/2014, 10:38 WIB
Kontributor Female, Melissa Hendrasari

Penulis

KOMPAS.com – Sekarang ini di kancah mode dunia, gaya rambut retro tengah menjadi buah bibir yang menarik perhatian kaum hawa. Untuk menambah pengetahuan para perempuan sadar gaya di Tanah Air, berikut sekilas uraian mengenai metamorfosa tata rambut retro yang tidak lekang oleh rotasi tren sepanjang waktu.

Gaya retro era 20-an dan 30-an

Jika Anda memiliki rambut pendek, Anda bisa menciptakan gaya ikal sensual dengan menggunakan rol rambut berukuran besar, supaya terbentuk model bob nan cantik. Gaya ini disebut juga dengan istilah  bob faux. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki leher kurus dan jenjang.

FASHIONISER.COM Gaya rambut retro di era 20-an

Gaya retro era 40-an
Ciri khas dari gaya rambut retro di tahun 40-an adalah ikal di bagian depan, sedangkan bagian lainnya dibiarkan alamiah. Selain menggunakan alat pengeriting rambut, Anda bisa membentuknya dengan rol rambut yang digulung ke bagian dalam, lalu diikat tepat di bagian tengah kepala, lengkap dengan poni klasik nan nyentrik.  

Gaya retro era 50-an
Pada khasanah mode, era ini disebut juga sebagai masa transisi, di mana sejumlah tren busana mengaplikasikan paduan klasik dan modern. Hal yang sama juga berlaku pada tren gaya rambut. Kolaborasi rambut ikal, lurus, dan tebal, menjadi “amunisi” tampilan yang wajib diterapkan oleh sebagian besar perempuan pekerja dan ibu rumah tangga di tahun 50-an. Contoh paling familiar adalah gaya rambut Marilyn Monroe yang seksi dan “nakal”.

Gaya retro era 60-an
Pada tahun 60-an, rambut yang tebal dan sehat menjadi tolak ukur status sosial seorang perempuan. Pasalnya, perawatan intensif di salon diperlukan untuk menjaga penampilan rambut supaya senantiasa segar dan trendi. Maka dari itu, banyak orang menganggap perempuan yang memiliki gaya rambut demikian berasal dari keluarga yang mapan serta terpandang.

Kesan yang tercipta dari geraian rambut yang tebal dan bervolume ini adalah glamor dan ultrafeminin.

Gaya retro era 70-an
Berbicara tentang tahun 70-an, tak bisa dimungkiri bahwa pengaruh gaya hidup hippie yang bebas memberikan dampak signifikan pada perkembangan tren. Segala sesuatu yang bernapaskan alami dan natural, memiliki peminat begitu tinggi. Aksesori kepala yang laris manis saat itu adalah bandana bermotif pasley dan ikat kepala motif flora.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com