Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2014, 11:51 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber yourtango

KOMPAS.com – Umumnya aroma parfum itu sebatas untuk mengharumkan tubuh dan “mendongkrak” percaya diri. Ternyata, menurut penelitian Monell Chemical Senses Centre, parfum bisa membuat Anda lebih cantik dan awet muda.

Menurut temuan tersebut, wanita dianggap memiliki wajah yang tampak lebih menarik dan penampilan nan lebih muda jika memiliki aroma tubuh nan sedap. Seperti dikutip Your Tango, Janina Seubert, Ahli Neuorologi, mengatakan bahwa temuan ini berkaitan dengan proses rangsangan saraf di otak.

Untuk penelitian ini, Seubert melibatkan sejumlah wanita dari dua generasi, tua dan muda. Mereka diminta untuk mengenankan dua jenis parfum, beraroma sedap dan kurang sedap.

Alhasil, wanita dengan umur lanjut yang mengenakan aroma sedap, ternyata dianggap lebih menarik dan terlihat muda. Sebaliknya, wanita yang masih muda dan mengenakan aroma kurang sedap, membuat tampilan mereka tampak tidak menarik dan terlihat lebih tua.

Bahkan responden kelompok wanita muda tersebut mengaku aroma parfum kurang sedap, merasa lebih sering menyadari kerutan wajah dan membosankan.

Hasil akhir dari penelitian yang dilakukan oleh Seubert, disimpulkan bahwa wewangian dan usia dapat mempengaruhi persepsi seseorang terhadap daya tarik fisiknya. Namun, penelitian ini masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut. Sebab, tidak diketahui secara tepat bagaimana cara kerja otak dalam menciptakan persepsi manusia dalam mengkualifikasikan penampilan baik dan kurang menarik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com