Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2014, 14:07 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Emosi yang Anda bawa tidur akan semakin meningkat secara tak sadar ketika Anda tertelap. Karenanya, jangan pernah membawa emosi negatif dan pastikan emosi positif yang Anda bawa serta saat memejamkan mata. Berikut tiga caranya.

1. Bersyukur
Pikirkan segala sesuatu yang membuat Anda bersyukur jelang waktu tidur. Kalau perlu tuliskan hal-hal yang Anda syukuri hingga ujung hari itu. Memikirkan apa yang Anda syukuri membuat tidur menjadi lebih berkualitas, lebih merasa bahagia dan menyehatkan sistem imun tubuh.

2. Bayangkan kesuksesan esok hari
Kita semua punya banyak tantangan di tempat kerja juga kehidupan pribadi. Kita juga punya impian untuk bisa sukses menjawab semua tantangan itu. Memikirkan bahwa Anda bisa meraih sukses menjawab setiap tantangan hidup sebelum tidur, membuat Anda bersemangat menyambut esok hari dan kualitas tidur pun menjadi lebih baik.

Menurut Business Insider, sebagian orang sukses meresapi tujuan mereka sebelum menarik selimut dan beristirahat. Cara tersebut membantu mereka menemukan resolusi realistis keesokan harinya.

3. Hadirkan ketenangan
Sebelum memejamkan mata penuhi pikiran Anda dengan segala sesuatu yang memunculkan efek relaksasi. Caranya kembali kepada Anda, selain berdoa, Anda bisa mengucapkan mantra positif atau membayangkan sesuatu yang indah. Berbagai cara ini bisa menghadirkan ketenangan dalam pikiran, istirahat pun lebih optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com