Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Dapat Membangun Rasa Percaya Anak pada Orangtua

Kompas.com - 29/06/2014, 16:20 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Salah satu efek negatif dari perkembangan teknologi yang menghadirkan ragam rupa jenis gadget adalah membuat anak-anak jadi malas bergerak. Maka dari itu, sebagai orangtua yang baik, Anda harus memompa semangat Anak untuk banyak menggerakkan tubuh dengan cara berolahraga.

Riset membuktikan bahwa anak yang sudah terbiasa berolahraga sejak kecil, umumnya tumbuh menjadi seseorang yang aktif, sportif, dan supel dalam pergaulan.

Seperti diungkapkan oleh dr. Mary L. Gavin pada Bubblews, anak-anak usia balita zaman sekarang, lebih sering mengonsumsi makanan mengandung gula dan lemak, sehingga berisiko mengalami obesitas serta diabetes. Nah, salah satu tindakan preventif paling efektif adalah mengajak mereka berolahraga.

Selain dapat membuat tubuh mereka sehat dan kuat, sebenarnya berolahraga dengan anak  di ruang terbuka, bisa dimanfaatkan orangtua sebagai momen untuk saling mendekatkan diri dan membangun komunikasi.

Sebab, rasa percaya anak pada orangtua akan tercipta ketika mereka menikmati rutinitas yang dilakukan berasama-sama. Alhasil, anak jadi lebih terbuka dalam bercerita mengenai segala yang mereka rasakan dan pikirkan kepada orangtua.

Apabila lokasi rumah Anda tak memiliki banyak ruang terbuka, ritual berolahraga bisa dilakukan dengan bermain Wii Sports, video game yang menuntut pemainnya bergerak dan aktif selama durasi permainan. Jenis gadget ini ampuh untuk membakar kalori dan mengeluarkan keringat.

Selain itu, untuk memompa semangat olahraga anak, terapkanlah sistem penghargaan dengan memberikan mereka hadiah kecil-kecilan. Misalnya, jika si kecil berhasil memasukan bola ke dalam ring basket sebanyak 20 kali, berikanlah sepotong kue organik yang lezat padanya. Cara lainnya adalah memberikan waktu ekstra menonton televisi sebanyak satu jam, apabila anak berhasil berlari keliling lapangan selama lima menit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com