Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2014, 11:02 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Sebenarnya kunci utama untuk menjaga tubuh tetap langsing, dan segar bukanlah diet, tapi pola makan dan gizi yang seimbang. Ahli Gizi Klinis, Fiastuti Witjaksana mengatakan, dalam pola makan yang seimbang harus mencakup konsumsi karbohidrat, protein, dan serat. 

"Namun yang paling sering dilupakan adalah konsumsi buah-buahan. Menurut survei, 97 persen orang Indonesia ternyata tidak makan buah secara rutin," kata Fiastuti saat peluncuran jus buah kemasan di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Gaya hidup sehat dan seimbang sudah menjadi komitmen jangka panjang pasangan Donna Agnesia-Darius Sinathrya. "Sejak awal menikah, kami memang sudah berkomitmen untuk mengonsumsi buah dan punya gaya hidup sehat salah satunya dengan makan buah. Tujuannya, untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat." kata Darius dalam kesempatan yang sama. 

Untuk mendapatkan berbagai manfaat buah yang maksimal termasuk menjaga bobot tubuh ideal, Fiastuti menyarankan untuk mengonsumsinya secara rutin, yakni tiga kali sehari. Menu yang dianjurkan seperti berikut:

Pagi hari: Di pagi hari, saat sarapan, buah-buahan bisa disantap dengan cara diblender menjadi jus buah. Jika tak sempat membuat jus, buah segar yang dipotong-potong, juga nikmat untuk dikonsumsi.

Siang hari: Konsumsi buah di siang hari dibutuhkan untuk "mengganjal perut" dan sebagai pembangkit stamina tubuh. Jika sedang ingin menikmati yang segar-segar secara instan, jus buah pilihannya. Sensasi dingin jus buah akan membantu membuat cairan yang masuk jadi lebih banyak. 

"Terkadang saya juga makan buah di perjalanan. Misalnya, saat lagi macet, jadi ada sela waktu untuk makan buah potong. Daripada stres karena macet, manfaatkan saja dengan makan buah," ujar Darius.

Malam hari: Di malam hari, konsumsi buah bisa dijadikan pengganti camilan saat sedang nonton bola. Nah, buah-buahan yang biasa disantap Darius dan Donna kala menyaksikan timnas favorit mereka berlaga adalah pisang dan pepaya. 

"Kalau malam hari, biasanya saya minum jus saja. Agar jadi lebih nikmat, air untuk membuat jus bisa diganti tambahan jus kemasan sehingga jadi lebih nikmat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com