Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedekah Selamatkan Uang yang Banyak Habis untuk Hal Tak Penting

Kompas.com - 04/07/2014, 13:47 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan membawa suatu nuansa tersendiri yang membuat orang lebih mudah bersedekah. Beragam program donasi pun bermunculan memberikan ruang lebih luas untuk menyalurkan dana dengan berbagai cara. Salah satu program donasi yang unik adalah Sembako Ramadan, yakni program donasi komunitas berbasis sosial media.

Mengambil slogan, "Saatnya Membuat Uang Rokokmu Bermanfaat Untuk Hidup Orang Banyak!", gerakan ini mempertemukan sisa uang rokok para perokok dengan kebutuhan pokok orang miskin. Dengan menyumbangkan uang sisa rokok, perokok bisa membantu menyediakan sembako berisi enam item untuk kebutuhan makan keluarga miskin selama seminggu.

Presenter, Indra Herlambang, yang mengaku sudah berhenti merokok berpendapat kegiatan semacam ini tepat sasaran. Meski begitu, bukan berarti seseorang bisa berhenti merokok dengan cara menyumbang sembako. Setiap orang, katanya, perlu mencari cara sendiri untuk berhenti merokok. Cara ini merupakan salah satu pengingatnya sekaligus mengajak beramal.

"Kena banget ke perokok. Kita enggak pernah sadar uang habis untuk hal enggak penting dalam hidup. Buat kita mungkin biasa menghabiskan uang untuk rokok, tapi untuk orang yang membutuhkan uang rokok tersebut luar biasa jumlahnya," kata Indra saat ditemui di Jakarta.

Menurut Indra, kebiasaan merokok yang berkurang selama Ramadhan membuat perokok bisa berpikir mengenai uang yang dihabiskannya selama ini. Selain bisa berhemat selama Ramadhan, perokok bisa menukarkan sisa uang rokok dengan sembako dalam bentuk donasi semacam ini.

"Timingnya pas Ramadhan, saat orang senang memberi dan berbagi. Kalau selama ini uang dihabiskan untuk rokok, untuk dibakar, ternyata bisa dialihkan untuk hal lain yang lebih penting," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com