Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tip Jalin Komunikasi Orangtua-Anak nan Harmonis

Kompas.com - 06/07/2014, 10:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber SheKnows

KOMPAS.com - Karakter dan pribadi anak di usia dewasa sangat dipengaruhi oleh fase tumbuh kembang mereka saat masih kanak-kanak. Sebagai orangtua yang baik, sepatutnya Anda menerapkan pola asuh yang mendidik sekaligus hangat kepada si kecil.

Merekatkan hubungan dan meningkatkan komunikasi dengan anak-anak, paling tepat dilakukan dengan cara beraktivitas bersama, terutama di akhir pekan, misalnya bermain, piknik, memasak, dan makan bersama. Jika Anda kehabisan ide kegiatan untuk keluarga, uraian berikut ini bisa Anda pertimbangkan sebagai rekomendasi terbaik:

Menulis pesan positif
Di tengah maraknya perkembangan teknologi seperti sekarang, umumnya sesuatu yang sederhana sudah dilupakan banyak orang. Salah satunya adalah tradisi menulis surat.

Sesekali cobalah menuliskan pesan positif di kertas, lalu letakkan di dalam tempat pensil atau kantung tas sekolah anak. Jadi, sewaktu si kecil menemukan pesan Anda, ini akan membuatnya merasa Anda selalu ada di dekatnya.

Memasak dengan anak
Ciptakan waktu berkualitas dengan anak lewat kegiatan memasak. Pilihlah masakan yang mudah, tapi bisa melatih kreativitas anak, seperti misalnya membuat biskuit dan kue mangkuk berwarna cerah. Beberapa manfaat memasak dengan anak adalah untuk melatih syaraf motorik halus, indera penciuman, perasa, dan mengasah daya ingatnya.

Makan malam keluarga
Luangkanlah waktu bersama keluarga untuk makan bersama setiap malam. Sesekali undanglah kerabat keluarga Anda yang lainnya. Makan malam bersama keluarga ampuh untuk memperkuat tali silaturahmi lewat saling bertukar kabar dan pengalaman masing-masing.

Acara khusus
Buatlah acara rutin keluarga yang diadakan setiap minggu atau bulan. Misalnya, jadwalkan pada minggu ke-3 untuk berakhir pekan dengan anak-anak dan anggota keluarga besar lainnya. Anda bisa mengisinya dengan menonton film, makan siang bersama, atau piknik di luar kota. Aktivitas yang rutin seperti ini menciptakan memori masa kecil yang hangat dalam ingatan anak Anda.

Mendukung satu sama lain
Manfaatkan akhir pekan menjadi waktu berkualitas dalam mengaktualisasi hobi Anda dan si kecil. Destinasi paling tepat adalah ruang terbuka seperti taman publik, atau area outbond untuk keluarga.

Hak suara
Sedari kecil, ajarkan anak Anda untuk berani menyuarakan pendapat dan aspirasi mereka,  dengan cara yang sopan. Dengan demikian, anak akan merasa lebih dihargai, bahagia, dan nyaman saat berkumpul bersama keluarga.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SheKnows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com