Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2014, 09:22 WIB
KOMPAS.com - Mau lebih tahu soal pria? Amati cara berjalannya karena ternyata berhubungan erat dengan karakternya. Yuk, ungkap karakter pria lewat cara berjalannya.

1. Tangan di saku
Bila pria berjalan dengan tangan, salah satu atau keduanya, diselipkan di saku celana atau jaket, bukan berarti dia sedang mencari-cari duit receh ya. Kebiasaan ini menunjukkan bahwa dia punya karakter agak nge-boss, dan selalu ingin dinomorsatukan. Di sisi lain, ia juga termasuk pria bertanggung jawab dan bijaksana. Bila sambil berjalan memperlihatkan wajah ceria, berarti dia pribadi yang terbuka dan ramah.

2. Pandangan lurus ke depan
Seperti memakai kacamata kuda, pandangannya lurus ke depan, jarang bahkan  tidak menoleh ke kanan atau kiri. Menunjukkan sifatnya yang selalu serius, tegas dan waspada mengantisipasi apa yang ada di depan. Berbahagialah bila punya pacar yang punya kebiasaan jalan seperti ini, karena ia akan mencurahkan perhatian hanya kepada Anda.

3. Banyak bicara
Banyak pria yang sambil jalan tak berhenti bicara, tidak hanya pada pacar juga pada siapa pun teman jalannya. Ini menunjukkan dirinya jago banget flirting dan suka jadi pusat perhatian. Sangat mudah membaca perubahan emosinya, bila mendadak diam berarti ada sesuatu yang membebani pikirannya.

4. Kaku seperti robot
Ada pria yang gaya berjalannya kaku mirip robot. Kedua tangan menempel di badan dan telapak tangan dikepal, dibarengi langkah kaki yang agak tertahan dan wajah tak terbaca. Ini menunjukkan dia bukanlah tipe romantis dan cenderung dingin kepada perempuan. Namun telaten, rajin dan tidak mudah tergoda melakukan kesalahan. Bila sudah suka pada seorang perempuan, dia akan  sangat setia.

5. Sebagian besar waktu menatap ke bawah
Bukan karena mencari-cari sesuatu di jalanan, tapi pria ini memang seringnya menatap ke bawah dengan kepala agak tertunduk. Pria tipe ini punya sedikit rasa rendah diri, pemalu, dan biasanya merasa tidak aman berada di keramaian. Namun di suasana tidak ramai, bersama orang yang dipercaya, ia baru menunjukkan pribadi sebenarnya. Biasanya kita yang harus aktif mengajak bicara tipe pria seperti ini. Menurut psikolog Raimond B Cattel, tipe pria ini sangat dipengaruhi system syaraf simpatetiknya, sehingga semakin sering menatap ke bawah semakin besar kadar pemalunya.

6. Tangan berada di belakang
Gerakan ini biasanya tidak disadari, meletakkan tangan di belakang tubuh, entah satu tangan atau keduanya. Sepintas terlihat santai, namun sebenarnya dia susah ditebak dan pandai menyembunyikan isi pikirannya. Santai tapi ternyata sedang mengawasi dan mengamati keadaan di sekitarnya, sehingga tahu apa yang terjadi. Jadi jika bertemu pria jenis ini, meski kelihatannya acuh tapi sebenarnya mengamati, kelihatan tak tertarik namun sebenarnya mendengarkan apa yang Anda ucapkan.

7. Langkah panjang dan pandangan terangkat lurus ke depan
Terlihat acuh tidak memperhatikan sekelilingnya, dagu terangkat tinggi dan jalannya cepat dengan langkah panjang. Menunjukkan dia tidak mau membuang-buang waktu dan fokus pada apa yang dituju. Percaya dirinya tinggi, lugas, optimis, dan agak ambisius. Kalau ditolak perempuan, tidak patah semangat, akan mengejar terus sampai dapat. Selalu mendominasi, namun bila diajak bicara secara logis dan lugas masih mau mendengarkan. Semakin panjang langkahnya dan semakin tinggi kepalanya terangkat, semakin kuat pribadinya.

8. Langkah pendek dan berat
Langkah berat belum tentu diseret, bisa saja ia berjalan lambat dengan langkah pendek. Menikmati dan mengamati dengan cermat apa yang ada di sekitar. Sangat berhati-hati, susah lepas dari pola kebiasaannya, dan sering  melakukan introspeksi diri. Bila ada masalah justru semakin tertutup.

9. Melangkah ringan
Gaya berjalan ini layaknya anak kecil yang baru saja diberi permen, langkahnya kelihatan bebas dan ringan. Pandangan mata kemana-mana melihat apa yang dilalui, seolah ingin merekam semua kejadian untuk kemudian diceritakan kepada orang lain. Tipe pria ini punya ambisi namun tidak ambisius, lebih santai mengejar citra-cita, mudah bergaul dengan siapa saja, tidak mau dikekang oleh aturan, tidak bisa konsentrasi pada banyak hal sekaligus, dan penuh improvisasi. Punya pacar tipe ini harus siap mental dengan kebiasaannya ramah pada siapa saja dan keinginan mendadaknya melakukan sesuatu.

10. Tangan terlipat di dada
Tidak peduli cuaca hangat atau dingin, pria ini selalu berjalan dengan tangan terlipat di dada. Menunjukkan bahwa ia punya kepribadian selalu membuat perlindungan dan proteksi terhadap dirinya sendiri. Didorong oleh perasaan tak aman yang muncul dari dalam dirinya karena kurang percaya diri. Selalu menanyakan pendapat orang  atas setiap tindakannya. Tipe pria ini harus selalu diyakinkan terus oleh pasangannya.

(CHIC/Erika Paula/Turi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com