Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2014, 09:09 WIB
KOMPAS.com - Kehidupan berumah tangga tentu tak mudah untuk dijalani. Selain urusan yang menyangkut kebutuhan rumah tangga, anak juga menjadi hal penting yang harus dipikirkan secara matang. Diperlukan seorang pasangan hidup atau suami yang mampu membantu Anda untuk mengurus dan membesarkan anak. Yakin, Si Dia bakal menjadi ayah hebat?

Intuisi
Lelaki yang perhatiannya tulus dan inisiatif mengindikasikan bahwa dirinya akan menjadi seorang ayah penyayang.

"Jika Anda mendengar dia menawarkan pijit atau menyiapkan makan malam saat Anda sedang sakit atau lelah, ini salah satu tanda dia calon ayah yang baik," ujar Jane Greer, Ph.D, pakar pernikahan dan penulis buku What About Me.

Lebih lanjut, Jane mengatakan bahwa anak-anak memerlukan perhatian terus-menerus yang intensif dan signifikan. Bukan hanya sekadar limpahan materi atau perhatian yang biasa-biasa saja.

Penuh kasih sayang
Beberapa indikasi seperti Si Dia suka pegangan tangan, menyukai hewan peliharaan Anda, dan senang membelai dengan lembut serta tulus bisa diamati dari seorang pria. Pria yang tulus sayang kepada anak melibatkan emosi dalam mengungkapkan kasih sayang.

Bisa mengatasi stres
Apapun penyebabnya, entah stres karena pekerjaan, hubungan percintaan, pertemanan, atau keluarga. Ayah yang hebat selalu bisa mengatasi stres.

"Mengurus anak-anak tentu menyebakan tingkat stres yang teramat tinggi. Anda membutuhkan pasangan yang mampu mengelola tekanan emosi penyebab stres," ujar terapis hubungan, Rachel Sussman.

Sering berbagi makanan
Ayah yang baik adalah yang murah hati dan tidak kikir. Jika pria tersebut tidak mau berbagi makanan, bahkan menelannya sendirian tanpa menawarkan Anda, dia bukanlah calon ayah yang baik.

Andal dan konsisten
Jika seorang pria mengatakan akan melakukan sesuatu, dia pasti berkomitmen untuk benar-benar melakukannya.

"Anda tidak bisa memiliki anak dengan seseorang yang tidak dipercayai mengurus berbagai hal dalam rumah tangga," ujar Jane.

Berkorban untuk Anda
Saat seorang pria serius bekerja lembur demi mencukupi kebutuhan Anda berdua kelak nanti, atau sigap mengurus saat Anda sedang sakit, pria tersebut pasti memiliki sifat fleksibel dan responsif yang diinginkan oleh anak-anak dan orangtua.

Hubungan yang hebat
Sussman juga mengatakan, bekal mengarungi kehidupan rumah tangga diawali dengan hubungan yang erat karena memiliki anak pasti berpengaruh terhadap stres. Komunikasi yang terjalin baik, saling menghargai, keterbukaan dan momen menyenangkan yang diberikan seorang pria merujuk pada sosok ayah yang hebat nantinya.

(Tabloid Nova/Ridho Nugroho)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com