Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mudah Jaga Kesehatan dan Kilau Cemerlang Kuku

Kompas.com - 10/07/2014, 12:27 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Womans Day


KOMPAS.com –  Glenn Kolansky, MD, Dermatologis dari New Jersey, mengatakan kebiasaan hidup, pola hidup, dan aktivitas sehari-hari bisa menyebabkan kuku jadi rusak dan kusam. Hal ini disebabkan karena semua aktivitas tersebut, menyebabkan penurunan sirkulasi darah ke kuku.

Untuk merawat kuku agar senantiasa kuat dan indah, tak melulu harus di salon dengan biaya mahal. Asalkan Anda rajin dan teliti, perawatan kuku bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut uraiannya:

Olahraga
Ternyata olahraga tidak hanya menjaga kebugaran tubuh, tapi juga bisa membuat kuku lebih kuat dan sehat. "Sekitar 20-30 menit latihan kardio tiga kali seminggu akan meningkatkan aliran darah ke tangan dan kaki," kata Kolansky.

Jika kuku tangan dan kaki Anda mengalami kondisi rapuh, rajinlah mengonsumsi vitamin yang mengandung biotin. Selain itu, kurangi penggunaan sepatu yang terlalu sempit dan bertumit tinggi. Sebab, sepatu yang demikian membuat kulit di sekitar kaki Anda sulit bernapas.

Kikir kuku
Untuk menjaga kuku tetap indah dan sehat, Amber Edwards, Nail Director di Mario Tricoci Salon dan Spa, menyarankan unt;uk melakukan buffing (mengikir kuku dengan alat kikir kecil). Cara ini akan mencegah kuku jadi menguning dan kutikula menebal. Namun, ketika mengikir, pastikan gerakannya ke atas dan ke bawah, bukan ke samping (dari kiki ke kanan kuku).

Selain itu, bagi Anda yang suka menggunakan cat kuku, biasakanlah untuk mengawalinya dengan warna nude, bening, atau base coat sebelum menggunakan warna lainnya yang lebih pekat, seperti merah atau ungu. Sebab, kedua warna ini akan meninggalkan bekas di kuku yang berpotensi membuatnya tampak lebih kusam.

Formula alamiah
Campur 1 sdt gula pasir, 1 sdt minyak zaitun, dan 1 sdt jus lemon, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, oles pada kuku dan kutikula, sembari dipijat dengan gerakan memutar selama 5-10 menit. "Kegiatan sederhana ini akan meningkatkan sirkulasi dan memperlancarnya jadi kuku akan jadi lebih kuat," kata Bela Pandit, Ahli Penyakit Kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Womans Day
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com