Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2014, 15:39 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com — Saat berbuka puasa, Anda pasti ingin langsung menyantap aneka makanan yang lezat dan menggugah selera. Makanan buka puasa yang tepat sebaiknya diawali dengan mengonsumsi makanan yang manis, seperti kurma, sirup, dan manisan.


"Saat berbuka puasa, Anda boleh saja menyantap semua makanan yang ada," kata Hardinsyah, pakar gizi dan Profesor dari IPB, beberapa waktu lalu di Puncak, Bogor.  Hanya, saat berbuka puasa, ada baiknya kita menahan diri untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu, salah satunya daging.

Hardin menyarankan untuk menghindari konsumsi daging saat berbuka. "Jangan berbuka puasa dengan makan daging. Daging ini sangat susah dicerna," ujarnya.

Seperti kita ketahui, jika dibandingkan jenis makanan lainnya, proses pencernaan daging membutuhkan waktu yang lebih lama. Hasilnya, makanan lain yang Anda konsumsi saat berbuka puasa juga akan cukup lama saat dicerna oleh lambung.

Proses pencernaan yang membutuhkan waktu ini menyebabkan metabolisme jadi lambat. Akhirnya, berat badan pun melonjak. "Sebaiknya, saat berbuka puasa, Anda perbanyak konsumsi makanan cair atau padat gizi, misalnya susu atau yoghurt," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com