Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagian Tubuh yang Sering Terlupa Saat Mengoleskan Krim Tabir Surya

Kompas.com - 11/07/2014, 13:45 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com -Krim tabir surya adalah “senjata” andalan untuk menangkal paparan sinar ultraviolet yang menyengat. Sebelum beraktivitas, idealnya Anda mesti mengoleskan krim ini  ke bagian-bagian yang bakal sering terpapar sinar matahari.

Dua bagian tubuh yang paling sulit dilindungi dari paparan sinar matahari adalah kulit kepala dan kelopak mata. Namun, Anda tak perlu khawatir, uraian berikut mrerupakan solusi untuk kecantikan tubuh nan menyeluruh yang Anda butuhkan.

1. Kulit kepala
Kulit kepala dan rambut adalah area yang sering terpapar sinar matahari. Helai rambut Anda mungkin saja sudah terlindung dari sinar ultraviolet berkat kondisioner yang digunakan, tapi bagaimana dengan kulit kepala?

Perlu Anda ketahui, paparan sinar ultraviolet di kulit kepala bisa menyebabkan melanoma. Nah, untuk mencegahnya, lindungi kulit kepala menggunakan topi atau payung. Sebenarnya, Anda juga bisa mengoleskan krim tabir surya di bagian kulit kepala, hanya saja ini akan membuat rambut jadi agak berminyak. Solusinya, Anda bisa memilih krim tabir surya yang berbentuk bubuk, misalnya Brush On Block Mineral Powder Sunscreen.

2. Kelopak mata
Kelopak mata merupakan fitur wajah yang paling sensitif. Namun, bagian ini harus tetap dilindungi dengan menggunakan sunblock, karena tak dimungkiri kalau 10 persen dari kanker kulit terjadi pada area ini. Solusinya, pilihlah krim mata harian (khusus siang) yang mengandung SPF. Jika tersedia, Anda juga bisa memilih krim tabir surya untuk melindungi mata, misalnya, Shiseido Sun Protection Eye Cream.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com