Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2014, 15:26 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com — Anak yang sulit makan merupakan tantangan tersendiri bagi para ibu di luar sana. Sebab, anak memerlukan gizi yang cukup selama masa tumbuh kembang agar daya ingat dan pikir mereka terbentuk dengan baik. Maka dari itu, simak kiat-kiat praktis dalam merangsang nafsu makan pada anak berikut ini:

Pada dasarnya nafsu makan balita dan anak-anak belum terbentuk dengan kuat. Inilah mengapa mereka lebih suka jajan dibandingkan mengonsumsi makanan sehat tiga kali sehari. Nah, untuk menyeimbangkan asupan gizi pada anak, para orangtua harus mengatur jadwal makan mereka dan mengawasi anak untuk menaati aturan tersebut.

Orangtua harus cerdas mengontrol asupan cairan pada balita. Jika memberikan susu kepada si kecil, pastikan Anda tidak memberikan secara berlebihan. Berikan ruang untuk makanan lainnya dalam perutnya untuk menghindari rasa kekenyangan yang mengakibatkannya enggan makan.

Varian menu pada makanan anak sangat penting. Sebab, anak kecil juga punya rasa jenuh terhadap rutinitas. Maka dari itu, jadilah ibu yang kreatif dalam mengolah jenis masakan yang berbeda-beda untuk disantap oleh anak.

Siasati dengan gaya makan wanita Perancis. Aturan makan ala wanita trendi di Paris tidak hanya untuk para ibu, tetapi bisa juga diterapkan untuk anak-anak yang susah makan. Caranya, sajikan makanan bergizi dalam porsi kecil sebanyak lima kali sehari.

Alihkan perhatian anak pada mainan. Cara memberikan makan pada anak yang paling mudah dilakukan saat mereka tengah bermain. Sebab, perhatian mereka tak melulu pada sepiring nasi, sayuran hijau, dan telur mata sapi, melainkan pada aneka warna mainan yang menyenangkan.

Suplemen pendukung. Salah satu suplemen pelengkap yang ideal untuk anak adalah yang mengandung lysine atau asam aminon essential, yang menawarkan ragam manfaat positif dalam menambah nafsu makan dan menunjang tumbuh kembang anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com