Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Anak Batita agar Tak Rewel Selama Perjalanan Mudik

Kompas.com - 15/07/2014, 12:56 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com — Kabar baik bagi Anda yang akan mudik dengan pesawat dan membawa si kecil yang masih batita ialah Anda tak perlu membayar tiket penerbangan anak. Namun, risikonya, Anda harus memangku sang buah hati selama durasi perjalanan. Jangan khawatir, simaklah tips membuat suasana perjalanan mudik menjadi kondusif bagi Anda dan si kecil berikut ini.

Atur waktu penerbangan sesuai dengan waktu tidur si kecil. Tujuannya ialah agar anak tenang dan tidur selama perjalanan.  

Usahakan sampai di bandara setidaknya dua jam lebih awal. Tujuannya ialah agar anak bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar dengan leluasa. Ajaklah mereka bermain dan mengudap makanan ringan supaya tak rewel saat berada di dalam pesawat.

Jika Anda memilih maskapai penerbangan yang tidak menyediakan layar untuk menonton, bawalah tablet atau laptop sebagai media bermain anak tanpa harus mengganggu penumpang lainnya.

Tips membawa anak-anak mudik lewat perjalanan darat dengan mobil pribadi:

Awali perjalanan pada malam hari
Umumnya, anak kecil terlelap lama pada malam hari. Nah, aturlah waktu keberangkatan pada malam hari agar Anda dapat berkonsentrasi menyetir tanpa gangguan tangisan atau jeritan si kecil di dalam mobil.

Mawas risiko
Selain semangat positif, sisipkan sedikit ruang dalam pikiran Anda untuk kemungkinan kurang kondusif yang sangat mungkin terjadi selama perjalanan. Sebab, perjalanan darat sarat risiko dan rintangan yang membutuhkan kesabaran hati.

Mainan anak
Jangan melupakan mainan anak agar saat dia mulai berulah karena bosan, Anda bisa membujuknya dengan mainan favorit.

Plastik sampah
Bawalah plastik sampah untuk tempat pembuangan sementara sampah popok kotor, bungkus makanan, kemasan minuman, tiket jalan tol, dan sebagainya.

Persediaan makanan ringan
Sediakan makanan ringan, air putih, dan buah dalam jumlah yang cukup supaya anak tidak rewel karena kelaparan di jalan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com