Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2014, 08:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Mengatasi bibir yang kering kala berpuasa, dapat dilakukan dengan banyak cara. Namun sebelumnya, Anda harus terlebih dulu mengetahui bahwa kondisi kulit bibir terbilang lebih sensitif dibandingkan bagian tubuh lainnya, karena bibir tak memiliki kelenjar minyak. Maka dari itu, diperlukan perawatan yang terjamin aman, dan sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami.

Beberapa kiat di bawah ini merupakan cara pencegahan bibir kering yang praktis dan tak menguras isi kantong Anda. Yuk, segera disimak.

Eksofiliasi
Usai menyelesaikan makan sahur, lanjutkanlah dengan menggosok gigi dan mengaplikasikan lip scrub pada bibir. Lalu, gosok bibir menggunakan sikat gigi yang lembut. Pastikan bibir Anda dalam keadaan basah. Cara ini bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit bibir yang sudah mati dengan cepat dan efektif.

Konsumsi buah
Kandungan vitamin pada buah-buahan diklaim mujarab untuk mencegah atau mengurangi kulit kering pada bibir.

Air putih yang cukup
Saat waktu berbuka puasa dan sahur, pastikan untuk mengonsumsi air putih dengan takaran yang dianjurkan, yakni delapan gelas per hari. Sebab, seperti kita ketahui, kulit tubuh termasuk bibir akan terjaga dengan baik, bila kondisinya selalu terhidrasi dengan cukup.

Perawatan alami
Agar bibir senantiasa lembut dan lembab, Anda tak perlu melakukan perawatan mahal di salon atau spa terkemuka. Sebab, hanya dengan rutin mengaplikasikan madu atau olive oil pada bibir, sudah cukup untuk menjaga kualitas kelembaban kulit bibir Anda. 

Kurangi kebiasaan jilat bibir
Semakin sering dijilat, maka bibir akan semakin kering. Sebab, air liur Anda tak memiliki kandungan pelembab yang dibutuhkan bibir untuk selalu terhidrasi.

Anda perlu tahu bahwa bibir yang kering merupakan akibat dari kekurangan vitamin B-kompleks dan zat besi. Jadi, dibandingkan bolak-balik menjilat bibir, lebih baik cukupilah asupan makanan yang mengandung zat besi tinggi, sepertidaging, seafood, telur, dan kacang-kacangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com