Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Pakai Hijab dan Bingung Pakai Baju Apa? Padu Padan Saja

Kompas.com - 18/07/2014, 12:23 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna hijab, baik pemula mau pun yang sudah lama mengenakan kerudung, punya banyak pilihan gaya busana. Mulai satu set busana muslim hingga konsep padu padan menggunakan ragam model busana yang juga bisa dipakai perempuan tak berhijab.

Namun menurut Fifi Alvianto, Pemimpin Redaksi Laiqa Magazine (majalah fashion muslim), konsep padu padan justru lebih menjadi pilihan perempuan yang baru belajar memakai hijab.

"Bagi yang baru pakai hijab justru lebih pilih padu padan karena dia belum punya banyak koleksi busana muslim dan bisa pakai baju yang sebelumnya dia punya," katanya kepada Kompas Female di Jakarta.

Pengguna hijab baru bisa memadukan busana lamanya dengan tambahan busana yang menutupi aurat dengan cara kreatif. Dengan begitu, mereka bisa tetap tampil gaya meski belum punya banyak koleksi busana muslim.

Karenanya, menurut Fifi, koleksi busana keluaran brand fesyen yang tidak khusus menyediakan busana muslim sangat membantu konsep padu padan ini. Setidaknya membantu menambah variasi gaya busana perempuan berhijab.

Namun perlu diperhatikan pilihan bahan dan model busananya. Untuk konsep padu padan yang biasanya menggunakan model tumpuk, pilih busana berbahan tipis namun tetap sesuai syar'i atau tidak menerawang, tidak juga memperlihatkan tubuh.

Kiat lainnya dari Fifi adalah pastikan busana padu padan tersebut memenuhi kriteria busana muslim yang tidak ketat atau tidak membentuk tubuh.

Dengan padu padan, perempuan yang baru memakai hijab pun akan merasa tak terbatasi bergaya meski belum punya banyak koleksi busana muslim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com