Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Hamil yang Stres Berpeluang Melahirkan Bayi Perempuan

Kompas.com - 23/07/2014, 17:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com – Dalam sebuah rumahtangga, memiliki anak laki-laki dan perempuan, merupakan anugerah yang sama membahagiakannya. Namun, menurut sebuah penelitian, ibu hamil yang dirundung stres berpeluang besar melahirkan bayi perempuan.

Selain itu, ditemukan pula bahwa anak perempuan dinilai lebih kuat menghadapi perceraian orangtua dibandingkan anak laki-laki. Menurut salah satu peneliti yang juga seorang ahli ekonomi, Amar Hamoudi, mungkin karena itulah alasan ibu yang tertekan selama masa kehamilan, umummya melahirkan bayi perempuan.

“Janin perempuan lebih kuat untuk bertahan dalam rahim ibu yang saat mengandung mengalami stres dan tekanan secara mental,” ujar Hamoudi.

Hasil penelitian ini didapatkan oleh Hamoudi dari mempelejari sampel penduduk yang dikumpulkan secara acak, mulai dari tahun 1979 hingga 2010.

Informasi lainnya yang berhasil didokumentasikan oleh Hamoudi adalah kekuatan hidup anak laki-laki terhitung semenjak mereka lahir hingga tutup usia. Namun, anak perempuan sudah memiliki kekuatan hidup sedari mereka masih berupa embrio dalam kandungan ibu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com