Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2014, 17:30 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com - Nama dan model busana yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda. Abaya seakan menjadi busana wajib bagi para wanita saat menjelang hari raya Lebaran. Kebutuhan untuk mengenakan busana yang santun serta mampu menutupi lekuk tubuh, tapi tetap tampil gaya menjadi keinginan banyak wanita muslimah, termasuk di Indonesia.

Busana abaya identik dengan busana khas para wanita di timur tengah. Model longgar yang didominasi siluet H-line, A-Line serta Y-line tak pelak membuat busana ini kerap dipilih oleh para wanita saat lebaran datang. Kemunculan abaya sempat tergantikan dengan busana model kaftan yang dipopulerkan oleh artis Syahrini di tahun 2012 hingga 2013. Tapi, abaya yang biasanya hadir dalam balutan warna hitam ini kembali populer sebagai pilihan gaya berbusana untuk lebaran.

Ragam abaya banyak dijual di pasaran dengan berbagai tingkat harga. Buat Anda yang ingin tampil cantik di hari raya dengan abaya  dan memburu pakaian ini dari sekarang, ikuti tips ini. 

Bahan Berkualitas
Wajib bagi Anda untuk membeli Abaya yang berbahan nyaman, mudah menyerap keringat dan tak mudah lecek jika dikenakan seharian saat berlebaran nanti. Sebaiknya, pilih abaya berbahan sifon halus atau sutra satin yang lembut dan menyerap keringat.

Pastikan abaya berbahan sifon tersebut berbahan tebal dan tidak transparan sehingga aman dikenakan saat sholat dan bertemu banyak orang. Hindari abaya berbahan shantung dan katun jersey serta tambahan vuring dibalik abaya, karena hanya akan membuat Anda semakin gerah dan memicu kelembapan kulit tubuh.

Pemilihan Aksen
Abaya di Timur Tengah umumnya tak banyak menerapkan detail embellishment dan embroidery. Tambahan beading juga biasanya tak banyak diaplikasikan mengingat abaya kental akan nuansa elegan yang simpel dan fleksibel. Namun, seiring perkembangan zaman dan tren mode, eksplorasi abaya kerap hadir memukau di tangan para insan kreatif mode.

Busana muslimah abaya harus santun dan tetap terkesan sederhana. Penting memilih abaya yang tepat dengan detail yang tak terkesan berlebihan. Khusus bagi Anda pemilik tubuh yang besar di area dada, hindari abaya dengan detail bordir dan manik-manik atau bebatuan yang besar di bagian dada dan membentuk garis kaku diagonal.

Alihkan fokus mata lewat abaya berdetail bordir di bagian lengan, pinggang atau kerah. Pemilik kulit sensitif juga sebaiknya menghindari abaya berdetail kerah bordir di pinggiran leher yang mampu memicu iritasi serta rasa gatal akibat gesekan bahan bordir.

Permainan Motif
Motif menjadi bagian yang paling ditonjolkan dari sehelai busana abaya. Warna hitam yang seringkali hadir bisa dipadankan lewat goresan warna emas, silver, abu-abu, putih, biru elektrik atau warna-warni. Motif floral dan dedaunan yang cantik bisa Anda pilih dalam deretan warna-warna terang, seperti pink, hijau, kuning, atau merah.

Motif baroque tentu akan lebih elegan dan mewah jika bersentuhan dengan warna emas dan silver abu-abu. Nuansa motif abstrak seakan makin memesona ketika berpadu palet warna monokromatis atau kontras. (Ridho Nugroho)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com