Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taktik Padu Padan "Flat Shoes" dengan Ragam Jenis Busana

Kompas.com - 30/07/2014, 16:56 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Ketika menghadiri sebuah acara spesial seperti silahturahmi keluarga ataupun halal bihalal, kebanyakan perempuan pasti memilih mengenakan sepatu tumit tinggi atau high heels. Tak dimungkiri, jenis sepatu tersebut memang mampu “mendongkrak” penampilan jadi tampak lebih menonjol dan gaya.

Namun, bukan berarti jenis sepatu lainnya tak memiliki nilai lebih. Sebab, jujur saja, terlalu lama mengenakan sepatu tumit tinggi, akan membuat punggung dan kaki nyeri serta pegal.

Nah, jika Anda salah satu pecinta sepatu tinggi, sesekali selingilah penampilan dengan menggunakan sepatu datar atau flat shoes. Sebab, asalkan cerdas menerapkan teori padu-padan busana, sepatu datar juga bisa “menyulap” penampilan Anda tampak luar biasa.

1. Sepatu loafer
Sepatu ini memiliki bagian depan yang sedikit runcing atau kotak. Hanya saja, bagian "lidah" cukup panjang sehingga menutupi sebagian mata kaki. Sepatu model ini dikenal juga sebagai sepatu roti tawar.

Sangat cocok dipadukan dengan celana panjang skinny, cropped pants, kulot dan beberapa jenis rok panjang berpotongan sederhana. Pilihlah warna sepatu yang cerah atau warna pastel agar terlihat lebih feminin. 

Namun, Anda yang memiliki kaki pendek, sebaiknya berhati-hatilah mengenakan loafer. Sebab,  bagian lidah sepatu yang panjang akan membuat kaki terlihat lebih bantat. Lalu, apa solusinya?  Janganlah memilih rok atau celana bervolume, sebaiknya kenakan busana yang merampingkan. Cara lainnya, Anda bisa  memilih warna rok atau celana yang sama dengan sepatu. 

2. Sepatu balerina bulat
Jenis sepatu datar ini memiliki bagian ujung yang membulat. Sepatu ini sangat cocok dikenakan dengan celana panjang, celana crop, jeans, rok, dan gaun. Hampir semua busana cocok dipadukan dengan sepatu model ballerina bulat ini.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan motif sepatu. Jika sepatu Anda sudah kaya motif, maka pastikan busana yang Anda kenakan lebih simpel atau berwarna monokrom.

3. Sepatu balerina ujung runcing
Sepatu datar dengan ujung runcing ini banyak disukai oleh perempuan, karena memberikan kesan elegan dan feminin. Selain itu, ujung sepatu nan runcing akan menciptakan ilusi kaki yang lebih panjang. Hanya saja, jenis sepatu ini tak disarankan untuk digunakan bersama jeans skinny, kaki yang kurus, dan orang beperawakan tinggi.

4. Sepatu slingback
Sepatu slingback ditandai dengan adanya tali pengikat di bagian belakang (tumitnya). slingback cocok digunakan untuk semua jenis celana, jeans, rok panjang dan kulot. Tali pengikat di bagian belakang sepatu membuat kaki terlihat lebih panjang dan seksi

5. Sepatu ankle strap, T-bar  atau gladiator
Jenis-jenis sepatu ini memiliki detail unik di bagian pergelangan kaki. Oleh karenanya, disarankan untuk dipadukan dengan rok selutut atau celana crop.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com