Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2014, 18:40 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Vogue

KOMPAS.com - Seringkali tanpa disadari, ada riasan yang tak wajar. Entah itu alis yang kepanjangan, riasan terlalu tebal, dan atau sembarang memilih kuas. Kenali ragam kesalahan merias wajah yang sering dilakukan oleh sejumlah wanita berikut ini:

Alis terlalu tebal
Kesalahan yang sering dialami perempuan saat berdandan adalah alis mata yang terlalu tebal atau terlalu tipis.

Anda harus berhati-hati saat merias alis, sebab alis merupakan “bingkai” wajah yang mempengaruhi penampilan Anda secara menyeluruh.

Menggunakan kuas dengan sembarang
Pilihlah kuas make up yang sesuai kontur area mata, pipi, dan bibir.  Kuas make up yang tepat akan membuat riasan semakin menarik.

Kuas make up terbaik adalah yang terbuat dari bulu tupai biru, bulu kuda, bulu kambing, dan bulu tupai kecil. Nah untuk mengaplikasikan make up bentuk krim atau cairan, pilihalah kuas makeup sintetis.

Menimpa cat kuku
Jangan memoleskan cat kuku warna sama di atas bekas cat yang masih teraplikasi di kuku Anda. Sebaiknya bersihkan cat kuku sebelumnya, baru kemudian terapkan cat kuku baru. Rutin membersihkan kuku, dapat membuatnya lebih kuat dan tidak menguning.

Riasan berlebihan
Jangan mengaplikasikan bedak, concealer, pelembap, alas bedak, perona pipi, dan jenis riasan lainnya, pada wajah Anda untuk satu penampilan. Sebab, wajah tetaplah organ tubuh yang membutuhkan ruang oksigen untuk bernafas. Cobalah untuk membatasi hanya menggunakan dua produk dasar saja pada wajah. Jika sudah menggunakan alas bedak, hindari mengaplikasikan concealer. Intinya jangan berlebihan.

Maskara yang berantakan
Menggunakan maskara memang gampang-gampang susah. Namun untuk tampil prima, sebelum mengakhiri riasan, coba periksa bagian dalam bulu mata, jikalau ada cairan maskara yang menggumpal, segera hapus perlahan menggunakan pembersih mata dan cotton bud.

Waktu kadaluarsa
Periksa waktu kadaluarsa masing-masing alat rias wajah Anda. Untuk maskara, masa prima dan aman dikenakan adalah tiga hingga enam bulan. Pelembab hanya enam bulan, lalu tabir surya paling lama satu tahun. Sebab, jika terlalu lama, make up bisa menjadi sarang bakteri dan kuman yang membahayakan.  

Bersihkan rias wajah
Waktu maksimum riasan pada wajah adalah lima jam, lebih dari itu, segera bersihkan. Nah, apabila, Anda masih ada agenda acara dan tak sempat pulang ke rumah, bersihkan wajah di kantor. Maka dari itu, selalu sediakan produk pembersih wajah di kantor dan di rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Vogue
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com