Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2014, 15:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Womans Day
KOMPAS.com – Kala berlibur, mungkin beberapa di antara Anda pernah merasakan susahnya tertidur meskipun tubuh sudah luar biasa lelah. Hal ini, bisa jadi dikarenakan tubuh dan pikiran Anda butuh waktu untuk menyesuaikan diri di tempat baru. Memang benar, tak bisa dimungkiri, tak ada kasur dan batal senyaman yang kita miliki di kamar tidur sendiri.

Penelitian  menunjukkan, dibandingkan saat berada di rumah, sejumlah orang membutuhkan waktu 40 menit lebih lama untuk tidur ketika sedang berlibur. Hal ini, tentu saja dipengaruhi oleh suasana kamar tidur dan juga kondisi penerangan hotel di lokasi pelesir Anda. 

Nah, agar frekuensi dan kualitas tidur saat liburan tidak terganggu, pastikanlah kamar hotel berada dalam kondisi yang remang-remang ataupun gelap. Sebab, kamar tidur yang gelap akan merangsang produksi melatonin (hormon yang merangsang otak untuk istirahat), sehingga proses terpejam berjalan tanpa gangguan. 

Jika saat sudah diredupkan, kondisi penerangan di kamar hotel masih terbilang terang, sebaiknya Anda gunakan saja masker mata. Cara ini bisa membuat suasana di sekitar jadi lebih gelap, dan terbilang ampuh dalam memperdaya pikiran untuk segera beristirahat.

Selain itu, masker mata ampuh memblokir setiap gangguan cahaya lampu atau matahari yang masuk ke kamar. Ada baiknya, Anda memilih masker mata yang memiliki bantalan atau gel, guna mengurangi tekanan di kelopak mata dan menjaga mata tetap dingin. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Womans Day
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com