Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sepatu "High Heels" Bisa Picu Tubuh Makin Gemuk?

Kompas.com - 31/07/2014, 16:30 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis



KOMPAS.com – Sebagian besar wanita pasti lebih memilih sepatu jenis high heels atau wedges untuk dikenakan sehari-hari. Sebab, selain trendi, dua jenis sepatu tersebut ampuh dalam “menyulap” penampilan agar lebih sedap dipandang.

Namun, seperti kita ketahui sebelumnya bahwa sepatu tinggi berdampak buruk pada stamina tulang belakang, tumit, bokong, dan satu lagi, membuat Anda semakin gemuk. Wah… apa hubungannya sepatu dengan kenaikan berat badan?

Menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh Philip J. Vasyli, rasa lelah akibat mengenakan sepatu tinggi, membuat banyak wanita memilih naik kendaraan, elevator, lift, dibandingkan berjalan kaki atau naik tangga. Inilah pemicu kegemukkan yang sering tak disadari banyak wanita. 

Lalu jenis sepatu seperti apa yang aman dikenakan sehari-hari? Berdasarkan hasil temuan National Institutes of Health, ternyata walking shoes (sepatu khusus untuk berjalan kaki) merupakan sepatu terbaik dan paling aman untuk dikenakan sehari-hari.

Dataran dan sol sepatu yang empuk dapat menjaga sendi serta tulang di sekitar kaki terjaga dengan baik, tidak membuat pegal dan nyeri.

Bagi wanita dengan selera gaya nan feminin, Anda jangan khawatir, sekarang ini sudah banyak jenis walking shoes yang dirancang khusus untuk para dara. Pilihan warna yang semakin marak dan ragam rupa desain sepatu, membuat walking shoes akan tampak serasi dengan busana pilihan Anda. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com