Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset: Ternyata, “Smartphone” Bikin Wanita Karier Jadi Stres

Kompas.com - 01/08/2014, 08:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Sebenarnya ponsel pintar atau dikenal dengan istilah smartphone, diciptakan untuk memudahkan komunikasi antar manusia, baik secara profesional maupun personal. Namun, menurut penelitian, ponsel pintar justru membuat sejumlah besar wanita karier tertekan dan berujung pada stres!

Hasil riset yang digelar oleh Randstad of North America, sebuah perusahaan pengembangan sumber daya manusia di Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa kunci kebahagiaan wanita karier di tempat mereka bekerja adalah fleksibilitas waktu.

Seperti dikutip FastCompany, dari 3.417 wanita karier yang menjadi responden riset ini, sebanyak 33 persen sepakat bahwa fleksibilitas waktu menjadi faktor utama mereka bertahan di sebuah perusahaan. Lalu, 49 persen responden mengaku telah bekerja di tempat yang memberikan fasilitas tersebut.

Menariknya, meskipun telah mendapatkan keleluasaan dalam mengatur waktu kerja, 25 persen responden mengeluhkan bahwa ponsel pintar, tablet, dan jenis gadget lainnya justru menyebabkan mereka tertekan. Alasannya, mereka merasa seluruh peranti elektronik tersebut membuat mereka sulit melepaskan diri dari tugas, sehingga tak ada batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu luang.

Akhirnya, riset pun menyimpulkan bahwa sebanyak 68 persen responden setuju kalau ponsel pintar dan jenis gadget lainnya malah menurunkan produktivitas dan minat kerja karyawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com