Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Dubai yang Berhasil Turunkan Berat Badan Berhak Dapatkan Emas!

Kompas.com - 01/08/2014, 14:20 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Merasa tak punya motivasi yang kuat untuk bisa menurunkan berat badan? Bagaimana jika diiming-imingi emas? Anda tergiur?

Di Dubai, terhelat program bernama “Worth Your Weight in Gold”. Ini merupakan salah satu program pemerintah untuk menurunkan jumlah masyarakat yang mengalami kelebihan berat badan. Bagi mereka yang berhasil merampingkan tubuh, berhak mendapatkan emas.

Sebenarnya, program ini masih berkaitan dengan yang telah berjalan di bulan Ramadhan silam. Kabarnya, tahun lalu, pemerintah Dubai sampai menghabiskan dana Rp 8.8 miliar dalam bentuk emas untuk diberikan pada warga negara berusia dewasa yang sukses menurunkan berat badan.

Di tahun ini, program serupa masih terus berjalan, tapi fokus utamanya adalah anak-anak dan remaja.  Alasannya, pemerintah Dubai khawatir terhadap dampak buruk makanan cepat saji dan kurangnya aktivitas fisik anak-anak di sekolah.

Niat utama dari program ini sebenarnya terbilang positif, tetapi jadi memprihatinkan karena anak-anak berusia di bawah 14 tahun harus menahan nafsu makan untuk berkompetisi mendapatkan emas. Pasalnya, untuk mendapatkan emas, masing-masing peserta wajib menurunkan berat badan minimal dua kilogram atau 4,4 kilogram setiap bulan.

"Di usia ini anak-anak masih mengalami masa pertumbuhan yang cepat. Diet ketat bisa membuat pertumbuhan mereka terhambat," kata Kathryn Kaiser,Instruktur dari University of Alabama di Birmingham School of Public Health.

Tak ada aturan yang mengharuskan anak-anak yang ingin berpartisipasi harus obesitas. Semua anak boleh ikut, asalkan mereka sudah mengantongi persetujuan dari orangtua secara resmi pada sebuah surat perjanjian, yang mengatakan bahwa anak-anak mesti menurunkan berat badan dengan memperhatikan kesehatan masing-masing anak.

Namun, masih belum jelas mengenai apakah orangtua akan diberi pelatihan khusus, atau dibekali ilmu tertentu untuk menjaga stamina anak-anak mereka selama diet, atau tidak sama sekali. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com