Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2014, 15:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com – Bayi yang baru lahir, memanfaatkan tangisan sebagai alat komunikasi pada orangtua. Kendati demikian, tak jarang, tangisan ini membuat lingkungan sekitar merasa terganggu. Berikut beberapa kita menenangkan bayi yang terus menangis.

Membedong bayi
Bedong bayi adalah salah satu cara efektif untuk menenangkan bayi yang menangis. Pada banyak kasus, setelah dibedong bayi yang sedang menangis akan langsung berhenti.

Memindahkan posisi
Dengan memindahkan posisi bayi, dan menempatkan kepala bayi ke arah siku tangan Anda, memberikan posisi yang nyaman pada bayi. Cara ini terbilang praktis untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. 

Banyak ibu merasa cara ini memiliki manfaat ganda. Selain dapat menghentikan tangisan bayi, posisi memeluk ini membuat hubungan batin dengan bayi semakin kuat.

Memberikan empeng
Bayi terlahir dengan kebutuhan alami untuk mengisap, salah satunya dilakukan dengan cara menyusu pada ibu. Nah, jika bayi masih juga menangis, coba lakukan alternatif lain, yakni memberikan empeng. Namun, Anda perlu waspada karena pemberian empeng bisa memberikan dampak tidak baik kepada bayi. Salah satunya,  bayi mengalami bingung puting,  terutama pada bayi yang biasa diberikan ASI. Jadi, jangan terlalu sering menggunakan empeng untuk menenangkan bayi.

Memijat kaki
Memijat kaki bayi yang sedang menagis  juga disinyalir sebaga salah satu cara ampuh untuk meredakan tangisan. Saat melakukannya, cobalah sesekali berikan kelitikan halus pada telapak kaki untuk merangsang bayi tertawa.

Membuat bunyi “ssshh”
Umumnya semua bayi memiliki respon yang tanggap akan bunyi “ssshh”, tapi Anda harus mengeluarkan suara yang ekstra lembut dan halus, agar menciptakan kondisi yang tenang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com