Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukuran Piring Sebabkan Berat Badan Berlebih pada Orang Dewasa

Kompas.com - 01/08/2014, 16:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Menurut penelitian yang dilakukan Food and Brand Lab Universitas Columbia di New York City, ditemukan fakta rata-rata orang dewasa akan menghabiskan lebih dari 90 persen makanan yang ada dalam piring mereka.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis 1.179 responden berusia dewasa di delapan negara maju, Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Taiwan, Korea, Finlandia, dan Belanda.

Ternyata, masing-masing negara menunjukkan hasil akhir tak jauh berbeda. Rata-rata orang dewasa cenderung makan 92,8 persen makanan berat yang terhidang dalam piring, sedangkan makanan ringan yang disantap hanya 76,1 persennya.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Para peneliti mengatakan, hal ini terjadi karena alam bawah sadar kita sebenarnya mengetahui berapa banyak kalori yang ingin dikonsumsi. Inilah yang menjadi patokan kita saat mengambil makanan ke dalam piring.

Jadi, bagi Anda yang sedang berdiet, selain mengendalikan nafsu makan, Anda juga harus melakukan beberapa tip berikut ini:

1. Pertimbangkan ukuran piring
Semakin besar piring makanan, maka semakin besar pula nafsu makan seseorang. Maka dari itu, menurut penelitian, bagi Anda yang sedang berdiet, disarankan untuk makan dengan piring berukuran kecil. Penelitian tersebut mengatakan, piring dengan diameter sekitar 2 inchi bisa mengurangi nafsu makan 22 persen lebih sedikit.

2. Rencanakan waktu makan
Menurut analisis yang dimuat dalam Internatioanl Journal of Obesity, sebelum merasa lapar, membuat perencanaan waktu makan merupakan salah satu kontrol diri untuk menentukan jumlah makanan.

3. Berpikirlah sebelum menyendok makanan
Jika ingin makan lebih sedikit, maka aturlah takaran sesuai dengan jumlah kalori yang Anda inginkan. Jangan selalu mengikuti hawa nafsu. Sebab, ini bisa mengakibatkan rasa pusing akibat kekenyangan. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com