Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangkis Gejolak Amarah dengan Menganggukkan Kepala

Kompas.com - 01/08/2014, 20:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis


KOMPAS.com
 — Tenggat waktu proyek kerja, tagihan yang tertunda, macet, rekan kerja yang menjengkelkan, hingga masalah keluarga di rumah adalah sejumlah persoalan yang dihadapi sekarang ini. Hal itu tak jarang membuat kita kerap lepas kendali dan meluapkan emosi negatif. 

Sifat yang demikian tak hanya mengganggu lingkungan sosial, tetapi juga merugikan diri sendiri. Dampak negatifnya adalah kita bisa kehilangan teman, kesempatan kerja, dan masih banyak lagi. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri, gerakan kepala yang mengangguk-angguk tanpa disadari dapat mengatasi pengaruh emosi negatif yang kita hadapi.

Cara unik ini dapat Anda implementasikan saat lain waktu terlibat argumentasi atau adu mulut dengan orang lain. Menurut peneliti, kepala yang bergerak dari atas ke bawah diklaim mampu meredakan gejolak amarah dalam sanubari kita.

Pasalnya, gerakan kepala mengangguk memberikan interpretasi bahwa kita menyimak dan memerhatikan apa yang disampaikan lawan bicara. Melihat kita seolah setuju, membuat pihak yang berselisih merasa didengar, dan akhirnya menyurutkan amarah secara perlahan. 

Setelah memberikan waktu bagi orang lain untuk bicara, kita telah menyediakan ruang kompromi lebih luas dan berhasil menangkis peluang terjadinya pertengkaran hebat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com