Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Berkencan, Duduklah Seperti Sedang Berkaca di Cermin

Kompas.com - 03/08/2014, 14:44 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Terkadang bahasa tubuh yang tidak memiliki kata-kata, mengandung sejuta makna tersembunyi, yang jika kita pelajari, kita jadi bisa memahami pikiran dan niat dari sang lawan bicara. Berikut beberapa posisi duduk dan bahasa tubuh positif saat sedang berkencang dengan si dia:


Duduk seperti berkaca
Penelitian membuktikan mereka yang merasa berkuasa akan duduk dengan posisi lebih tinggi dari lawan bicara, menaikan kaki ke atas kaki lainnya, dan meletakkan jari di samping leher. Posisi duduk yang demikian merefleksikan sifat superior terhadap lawan bicara.

Sebaliknya, mereka yang merasa posisinya lebih rendah, duduk dengan melipat tangan di atas dada seperti sedang melindungi diri sendiri, ekspresi wajah penuh rasa kesal dan dongkol. Nah, jika sedang bercakap-cakap dengan pasangan, posisi duduk paling baik adalah seperti sedang berkaca, posisi duduk dengan si dia sejajar dan wajah saling memandangi.

Perhatikan gerak bibir pasangan
"Ketika seseorang ingin mengatakan sesuatu, otak mengirimkan pesan ke bibir dan lidah, untuk mulai membentuk suatu perasaan", kata David B. Givens, Phd, penulis Love Signals, di Cosmopolitan. “Ketika Anda melihat seseorang mengerucutkan atau mengerutkan bibirnya, Anda bisa melihat pikiran lawan bicara yang sedang kalut, Anda bisa mengetahuinya, bahkan sebelum ia berbicara,”

Posisi telapak tangan

Untuk membangun kepercayaan Anda dengan pasangan, lakukan pendekatan dengan bahasa tubuh yang terbuka. Menurut buku The Power of Body Language oleh Tonya Reiman, mengarahkan kaki ke arah pasangan, sering tersenyum, dan telapak tangan dalam posisi terbuka menunjukkan bahasa tubuh yang tebuka.

Manfaat sentuhan
Kontak fisik dengan pasangan dapat menguatkan suatu hubungan. Sentuhan meningkatkan rasa percaya dan mengurangi stress. Jadi, lain waktu Anda  bertengkar, coba sentuh dan memegang tangan pasangan Anda untuk meredam emosinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com